Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Bentuk Cincin Uranus yang Diabadikan Teleskop James Webb?

Kompas.com - 08/04/2023, 20:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Saturnus bukan satu-satunya planet yang memiliki cincin. Planet lainnya, yaitu Uranus ternyata juga mempunyai cincin, meski tak setebal cincin Saturnus.

Hanya saja selama ini cincin di sekitar planet Uranus sulit dilihat dengan kebanyakan teleskop, karena bebatuan gelap dan debu yang membentuk cincin Uranus sedikit memantulkan cahaya Matahari.

Dikutip dari New Scientist, Sabtu (8/4/2023) Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) berhasil memotret penampakan beberapa gambar cincin di sekitar Uranus.

Cincin Uranus yang berdebu berhasil ditangkap dengan sangat detail bersama dengan awan dan tudung kutub (bercak putih besar).

Sebelumnya, hanya dua teleskop yang telah mencitrakan cincin Uranus. Pertama adalah pesawat ruang angkasa Voyager 2 saat terbang melintasi pada tahun 1986 dan Observatorium Keck yang berbasis di Bumi, di Hawaii.

Baca juga: Seperti Apa Bukti Meteor yang Tabrak Bumi pada 3,48 Miliar Tahun Lalu?

Namun berkat sensor inframerah teleskop James Webb, akhirnya bentuk cincin Uranus dapat ditangkap dalam dua panjang gelombang terpisah.

Secara keseluruhan, 11 cincin Uranus terlihat dalam gambar tersebut, sementara dua cincin lain yang diketahui jauh lebih redup untuk terlihat.

JWST saat ini bekerja jauh lebih rinci lagi, di mana para astronom berharap untuk melihat lebih banyak fitur atmosfer dan dua cincin terakhir planet tersebut.

Pencitraan Uranus dalam inframerah juga menunjukkan bagian-bagian permukaan dan atmosfernya yang kacau dan tidak dapat dilihat sebelumnya.

Gambar baru cincin Uranus ini didapat dari paparan 12 menit yang diambil pada 6 Februasi 2023, ketika Bumi berjarak 1,83 miliar mil dari Bumi.

Baca juga: Seperti Apa Desain Baju Astronot Terbaru yang Akan Dipakai ke Bulan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com