Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Toilet Siram yang Dipakai Kaisar China Ribuan Tahun Lalu?

Kompas.com - 21/02/2023, 09:01 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Arkeolog telah menemukan bagian bawah dari toilet siram manual yang berusia 2.400 tahun di situs arkeologi Yueyang di Provinsi Shaanxi, China.

Ini bukan toilet siram biasa, melainkan diyakini telah digunakan oleh anggota masyarakat berpangkat tinggi.

Toilet ini diduga telah digunakan oleh Qin Xiaogong (381-338 SM) atau ayahnya Qin Xian'gong (424-362 SM), selama Periode Negara Berperang (475-221 SM), atau bahkan oleh Liu Bang (206 SM-220 M) yang merupakan kaisar pertama Dinasti Han.

Berhubung setengah bagian atas toilet belum ditemukan, peneliti tidak yakin apakah penggunaan toilet siram ini secara jongkok atau duduk.

Kendati demikian, penemuan toilet siram kuno dari China ini memberikan wawasan tentang tingkat kemajuan teknologi peradaban Tiongkok yang dicapai oleh kerajaan Qin dan Dinasti Han.

Baca juga: Seperti Apa Tubuh Lady Dai, Mumi Terbaik yang Pernah Diawetkan?

Pasalnya, kemampuan untuk membangun dan menggunakan toilet siram membutuhkan pengetahuan tentang pasokan air, pengelolaan limbah dan praktik kebersihan yang belum tersebar luas pada masa itu.

Selain itu, kemungkinan temuan tersebut akan mengungkapkan lebih banyak tentang kebiasaan makan orang kuno melalui analisis sampel tanah yang diambil dari toilet.

Termasuk mengungkap kehidupan sehari-hari para elit yang tinggal di istana dan memiliki akses fasilitas yang begitu canggih tersebut.

Toilet siram pertama di China

Dikutip dari Ancient Origins, Senin (20/2/2023) toilet dalam ruangan tidak umum selama periode kerajaan Qin dan Dinasti Han.

Penggunaan teknologi semacam itu, kemungkinan besar terbatas pula pada sebagian kecil populasi, sehingga temuan toilet siram di China sangat penting.

Baca juga: Seperti Apa Wujud Ikan Misterius yang Ditemukan di Gua China?

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com