Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seperti Apa Rasanya Jadi Astronot NASA? Ini Beberapa Faktanya

Kompas.com - 14/01/2023, 10:00 WIB
Monika Novena,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

Sumber Space

KOMPAS.com - Anak-anak sering ditanya tentang cita-cita mereka, ingin jadi apa saat dewasa nanti. Banyak anak akan menjawab 'ingin jadi astronot' dan membayangkan bagaimana rasanya menjadi astronot yang melakukan misi ke luar angkasa.

Seperti apa rasanya jadi astronot NASA

Ternyata astronot bukan sebuah profesi yang mudah. Perlu komitmen yang luar biasa bagi seseorang hingga bisa terpilih sebagai astronot.

Kandidat astronot yang cenderung dipilih adalah yang berusia 30-an dan 40-an. Mereka biasanya meninggalkan karir bergengsinya untuk memulai menjadi astronot dari bawah.

Belum lagi pelatihan yang panjang namun tak ada jaminan mereka akan berhasil ke luar angkasa. Akan tetapi hal tersebut tak menyurutkan niat para kandidat untuk menjajal mendaftar dan mengikuti proses seleksi sebagai astronot.

Lantas hal seperti apa yang diperlukan untuk menjadi astronot salah satu badan antariksa di dunia yakni NASA ini?

Syarat menjadi astronot

Dilansir dari Space, Jumat (13/1/2023) NASA memiliki persyaratan ketat untuk siapa pun yang ingin menjadi astronot.

Pekerjaan sebagai astronot ini tak hanya membutuhkan kondisi fisik yang prima. Tugas astronot juga menuntut ketrampilan teknis untuk melakukan pekerjaan sulit di pesawat luar angkasa atau di stasiuan luar angkasa yang jauh dari rumah.

Baca juga: Seperti Apa Rasanya Berada di Kantong Kanguru?

Persyaratan dasar menjadi astronot adalah gelar sarjana di bidang teknik, ilmu biologi, ilmu fisika, ilmu komputer, atau matematika. Diikuti dengan tiga tahun pengalaman profesional atau 1000 jam waktu pilot in-command di pesawat jet.

Calon astronot juga harus lulus pemeriksaan fisik astronot NASA. Namun, ada banyak ketrampilan lain yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk seleksi seperti scuba diving, pengalaman alam, liar, kepemimpinan, kemampuan bahasa lain.

Tempat astronot bertugas

Para astronot baru mungkin memulai karir mereka dengan bepergian ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Akan tetapi, hal ini semua tergantung pada kebijakan luar angkasa Amerika Serikat di tahun-tahun mendatang. NASA juga berharap pdapat membawa astronot ke Mars pada tahun 2030-an.

Tugas astronot saat di Bumi

Publik sebagian besar memperhatikan astronot saat mereka berada di luar angkasa. Namun pada kenyataannya waktu mereka lebih banyak dihabiskan untuk pelatihan dan mendukung misi lainnya.

Baca juga: Seperti Apa Rasanya ASI yang Sangat Disukai Bayi?

Halaman:
Sumber Space


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com