Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Benarkah Mendengarkan Musik Bikin Cepat Tidur?

Kompas.com - 06/07/2023, 20:00 WIB
Lulu Lukyani

Penulis

KOMPAS.com - Tidur cukup dan berkualitas sangat penting untuk kesehatan. Oleh sebab itu, kita mengupayakan berbagai cara untuk mendapatkan tidur yang nyenyak.

Salah satu cara yang banyak dipraktikkan adalah mendengarkan musik relaksasi sebelum tidur. Hal ini dipercaya mampu membuat tubuh dan pikiran tenang sehingga kita lebih cepat tertidur.

Benarkah musik bisa membantu kita tertidur?

Melansir The Sleep Foundation, sains telah membuktikan bahwa anak-anak dari segala usia tidur lebih nyenyak setelah mendengarkan melodi yang menenangkan.

Kabar baiknya, bukan hanya anak-anak yang bisa mendapatkan manfaat dari lagu pengantar tidur. Orang-orang dari kelompok usia lain pun melaporkan kualitas tidur yang lebih baik setelah mendengarkan musik yang menenangkan.

Baca juga: Benarkah Minum Teh Chamomile Bikin Cepat Tidur?

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang mendengarkan musik selama 45 menit sebelum tidur dilaporkan memiliki kualitas tidur yang lebih baik.

Tak hanya itu, manfaat ini tampaknya memiliki efek kumulatif. Pasalnya, peserta penelitian melaporkan kualitas tidur mereka semakin baik setelah rutin mendengar musik setiap malam.

Mendengarkan musik juga dapat membuat kita cepat mengantuk. Dalam sebuah penelitian terhadap wanita dengan gejala insomnia, peserta mendengarkan album musik yang dipilih sendiri selama 10 malam berturut-turut. 

Sebelum melakukan rutinitas tersebut, peserta penelitian membutuhkan waktu 27 hingga 69 menit untuk tertidur, namun setelah mendengarkan musik, mereka hanya butuh 6 hingga 13 menit.

Baca juga: Apa Efek Kebiasaan Tidur Mangap bagi Kesehatan?

Selain mempercepat tertidur dan meningkatkan kualitas tidur, memutar musik sebelum tidur dapat meningkatkan efisiensi tidur, yang berarti lebih banyak waktu untuk istirahat malam. Peningkatan efisiensi tidur sama dengan istirahat yang lebih konsisten dan lebih jarang bangun di malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com