Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/04/2021, 13:03 WIB
Bestari Kumala Dewi

Penulis

Sumber Alarabiya

KOMPAS.com - Selama bulan Ramadhan, umat muslim berpuasa dnegan menahan diri untuk tidak makan dan minum dari fajar hingga matahari terbenam.

Meski ibadah puasa selalu dilakukan setiap tahun, banyak orang mencari tahu bagaimana mencegah rasa haus dan lemas di siang hari saat berpuasa.

Ahli Gizi Klinis di Healthbay Clinic Dubai, Sara Abdelghany menjelaskan, makanan apa yang harus dihindari orang, agar tetap berenergi dan mencegah rasa haus saat berpuasa selama Ramadan.

Baca juga: 5 Menu Sahur yang Menjaga Tubuh Tetap Berenergi Selama Puasa

“Untuk tetap berenergi selama berpuasa, sangat penting untuk merencanakan makanan Anda dan membagi kalori yang akan Anda konsumsi menjadi dua hingga tiga kali makan, disertai kudapan per hari,” kata Abdelghany.

“Karena itu, sangat penting juga untuk membuat pilihan yang sehat saat makan demi menghindari rasa haus, lapar, sakit kepala, pusing, dan lemas, ” imbuhnya.

Lebih lanjut Abdelghany mengungkap beberapa kategori makanan yang harus dihindari selama puasa Ramadhan, karena dapat menyebabkan kembung, dehidrasi, dan penambahan berat badan.

“Hindari gorengan dan makanan berlemak selama buka puasa. Makanan berlemak tinggi akan menyebabkan perut tidak nyaman dan kembung,” ujarnya.

Makanan olahan, seperti sosis dan daging yang dilapisi tepung roti, dan sup instan memiliki kandungan sodium dan mono-sodium glutamate sangat tinggi, yang mana ini akan menyebabkan rasa haus yang berlebihan.

Beberapa minuman yang populer selama bulan suci Ramadhan, seperti es buah, jus buah dengan pemanis, atau es sirop juga sarat dengan gula.

Minuman sarat gula tersebut, bukan hanya dapat menyebabkan penambahan berat badan, tapi juga menyebabkan lonjakan kadar insulin – yang kemudian mengakibatkan peningkatan keinginan akan gula, ngemil berlebihan, bahkan menyebabkan rasa lapar saat jam puasa.

Setelah berpuasa seharian, sebagian orang memang senang menikmati makanan manis, tapi sebaiknya batasi jumlah makanan manis yang dikonsumsi.

“Hindari mengonsumsi makanan manis dalam jumlah berlebihan setiap hari. Usahakan untuk membatasi konsumsi makanan manis, menjadi tiga kali seminggu dan usahakan untuk mengonsumsinya dalam porsi sedang,” kata Abdelghany.

Baca juga: Saat Puasa, Bagaimana Pola Makan Sahur dan Berbuka yang Dianjurkan?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com