Kompas.com - 18/04/2021, 04:01 WIB
Ilustrasi sumber nitrogen manusia berasal dari makanan yang mengandung protein. Seperti ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan lain sebagainya. SHUTTERSTOCK/margouillat photoIlustrasi sumber nitrogen manusia berasal dari makanan yang mengandung protein. Seperti ikan, daging, kacang-kacangan, susu dan lain sebagainya.

KOMPAS.com - Berpuasa diawali dengan aktivitas makan sebelum fajar, yang disebut sahur. Setelah makan sahur, tak ada lagi aktivitas makan hingga matahari terbenam.

Karena itu, sangat penting memperhatikan asupan makanan sahur untuk menjaga tubuh tetap berenergi dan memastikan tubuh tetap terhidrasi sebelum memulai puasa yang panjang.

Melansir Arab News, berikut lima makanan yang mengenyangkan dan dapat menjaga tubuh tetap berenergi selama berpuasa.

1. Protein

Daging seperti ikan, daging sapi tanpa lemak, dan ayam adalah pilihan yang baik untuk menambah energi, asalkan Anda memilih daging yang rendah lemak.

Mungkin terasa sedikit berat untuk makan makanan seperti itu saat sahur, tetapi bahkan mengonsumsinya dalam porsi kecil saja akan sangat membantu Anda selama puasa.

Baca juga: Jangan Lewatkan Makan Sahur Sebelum Puasa, Ini Alasannya

2. Karbohidrat kompleks

Karbohidrat kompleks terbuat dari rantai panjang gula sederhana. Umumnya bisa ditemukan di roti gandum dan sereal, nasi merah, pasta gandum, pisang, kentang, gandum, ubi jalar, sayuran dan kacang-kacangan.

Makan salah satu makanan ini akan memastikan merasa kenyang lebih lama dan memberi energi maksimal.

Selain itu, karbohidrat kompleks juga diketahui mengandung serat lebih tinggi, serta vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

3. Buah-buahan dan sayuran

Makan buah atau sayuran saat sahur adalah cara yang ideal untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.

Buah-buahan dan sayuran dapat membantu menghindari sembelit yang tidak nyaman dan juga merupakan sumber energi, gula, dan serat yang baik.

Anda bisa memilih sayuran yang tinggi kandungan air, seperti mentimun, untuk menjaga cairan tubuh tetap stabil.

Baca juga: Apa Efek Konsumsi Kopi saat Sahur Selama Puasa Ramadhan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X