Kompas.com - 21/04/2021, 03:29 WIB
Penderita Covid-19 dan infeksi akut lainnya tidak dianjurkan untuk berpuasa. FREEPIKPenderita Covid-19 dan infeksi akut lainnya tidak dianjurkan untuk berpuasa.

KOMPAS.com - Saat kita berpuasa selama kurang lebih 13 jam, asupan energi yang dikonsumsi cenderung berkurang. Tubuh pun menjadi lemas dan imunitas turun disebabkan pola makan yang berubah.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui pola makan saat sahur dan berbuka yang dianjurkan agar tubuh tidak mudah lemas, puasa lancar dan imunitas tetap terjaga.

Sebenarnya, cara paling umum dan paling efektif memang dengan mempertahankan pola makan gizi seimbang.

Pola makan gizi seimbang adalah dimana dalam satu piring yang kita konsumsi terdapat berbagai komponen gizi lengkap dimana didalamnya ada karbohidrat, protein, lemak, serat dan juga vitamin.

Baca juga: Apakah Puasa Menurunkan Imunitas Tubuh? Ini penjelasan Ahli

Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Yohan Samudra mengungkapkan bahwa, ketika sahur biasanya tubuh memerlukan sekitar 40 persen dari total kebutuhan kalori harian kita sehari.

"Jadi untuk porsi sahur sendiri, bisa dihitung dulu. Misalnya kebutuhan kalori harian seseorang 1500 kalori, maka diambil  40 persennya untuk sahur," ungkap Dr. Yohan dalam Live Streaming Facebook Sainstalk yang diselenggarakan oleh Kanal Sains Kompas.com bertajuk 'Meningkatkan Imunitas Selama Berpuasa', Jumat (9/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini nantinya dapat kita sesuaikan kebutuhan 40 persen yang terdiri dari gizi lengkap dan seimbang. Selebihnya, bisa digunakan untuk takjil dan berbuka.

Lalu, bagaimana dengan buka puasa?

Yohan mengatakan, ketika berbuka puasa dianjurkan utuk memakan kurma seperti saran nabi.

Mengapa kurma? karena kurma mengandung gula buah yang lebih sederhana dan termasuk karbohidrat simpleks.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.