Kompas.com - 22/04/2021, 06:00 WIB
Desa Rana Kulang, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, NTT menjadi pusat Tanaman porang. ribuan tanaman porang ditanam oleh petani dan juga ada petani milenial Porang di desa tersebut, Februari 2021. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR) KOMPAS.COM/MARKUS MAKURDesa Rana Kulang, Kecamatan Elar, Kabupaten Manggarai Timur, NTT menjadi pusat Tanaman porang. ribuan tanaman porang ditanam oleh petani dan juga ada petani milenial Porang di desa tersebut, Februari 2021. (KOMPAS.com/MARKUS MAKUR)

KOMPAS.com - Perbedaan porang, iles-iles, suweg, dan walur hingga jenis-jenis vaksin Covid-19 yang ada di dunia menjadi berita populer Sains edisi Rabu (21/4/2021) hingga Kamis (22/4/2021).

Selain itu, memperingati hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April, kita diingatkan kembali akan rapot angka kematian ibu (AKI) di Indonesia yang masih merah.

Berita populer lainnya, BMKG menyebut sejak akhir Januari 2021 ada 63 rentetan gempa mengguncang Samosir, Sumatera Utara. Rentetan gempa ini dipastikan gempa swarm. Apa itu?

Baca juga: [POPULER SAINS] Sirius, Satu-satunya Bintang yang Disebut dalam Al-Quran | Alasan Harga Porang Mahal

Berikut ulasan berita populer Sains:

1. Perbedaan porang, iles-iles, suweg, dan walur

Selain Porang, tanaman Suweg, Iles-iles, dan walur menjadi tanaman yang semakin banyak dicari, juga dibudidaya oleh masyarakat Indonesia saat ini.

Namun, tahukah Anda meskipun tanaman-tanaman tersebut merupakan satu famili yang sama, yaitu Amorphophallus, faktanya memiliki ciri khas dan karakteristik tanaman yang berbeda.

Guru Besar sekaligus Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor (IPB), Prof Dr Edi Santosa S.P M.Si mengatakan, dari 200 spesies tanaman Amorphophallus, hanya ada tiga jenis yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

Jenis tersebut adalah Amorphophallus konjac, A. paeoniifolius (suweg), dan A. muelleri (porang atau iles-iles).

Edi juga menegaskan, bahwa porang ini berbeda dengan acung (A. variabilis).

Perbedaan ciri-ciri dan manfaat keempat tanaman itu baca selengkapnya di sini:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X