Kompas.com - 21/04/2021, 06:02 WIB
Sirius - bintang paling terang yang terlihat dari Bumi, difoto menggunakan teleskop. Sirius merupaan satu-satunya bintang yang disebut di Al-Quran SHUTTERSTOCK/Billion PhotosSirius - bintang paling terang yang terlihat dari Bumi, difoto menggunakan teleskop. Sirius merupaan satu-satunya bintang yang disebut di Al-Quran

KOMPAS.com - Satu-satunya bintang yang disebut dalam Al-Quran adalah Sirius. Nah, penjelasan tentang bintang Sirius menjadi salah satu berita populer Sains.

Berita populer lainnya, adalah 6 alasan kenapa harga tanaman porang mahal, kemudian memahami sel dendritik yang saat ini MoU penelitiannya sudah diteken oleh BPOM, Menkes, KSAD, dan Jenderal TNI.

Selain itu adalah pembahasan cara menghilangkan karang gigi untuk penyakit gusi. Bisakah ini dilakukan di rumah?

Baca juga: [POPULER SAINS] Masker Dobel Efektif Cegah Corona | Efek Ganja

Berikut ulasan berita populer Sains, edisi Selasa (20/4/2021) hingga Rabu (21/4/2021).

1. Mengenal Sirius, satu-satunya bintang yang disebut dalam Al-Quran

Sirius adalah satu-satunya bintang yang disebut namanya secara langsung dan spesifik di dalam Al-Qur'an.

Astronom Amatir Indonesia Marufin Sudibyo mengatakan, bahwa di dalam Al-Qur'an, bintang Sirius disebutkan secara spesifik dengan nama Syi'raa.

Penyebutan bintang Syi'raa ini terdapat dalam surah An-Najm ayat 49.

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman: Wa annahuu huwa robbusy-syi'roo

"Dan sesungguhnya Dialah Tuhan (yang memiliki) bintang Syi'raa" (QS. An-Najm 53: Ayat 49).

Dijelaskan Marufin, konteksnya terkait dengan perbuatan orang-orang Shabin di Mesopotamia yang menjadikan bintang ini sebagai sesembahan.

"Sehingga ayat tersebut menyajikan penegasan, bahwa bintang hanyalah makhluk yang dimiliki Allah SWT, bukan sesembahan," Kata dia kepada Kompas.com, Rabu (31/3/2021).

Bintang Sirius secara astronomi Dalam keilmuan astronominya, Bintang Sirius telah diketahui dan diamati sejak masa prasejarah.

Berdasarkan keterangan resmi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Sirius merupakan bintang paling terang di seluruh langit malam.

Nama Sirius berasal dari bahasa Yunani, Seirios yang bermakna "berkilauan". Bintang ini terletak di konstelasi Canis Mayor (Anjing Besar).

Sirius juga merupakan salah satu bintang, yang dianggap penting bagi peradaban Mesir Kuno dan Jazirah Arab pada umumnya, karena menandai banjir tahunan di sungai Nil.

Untuk memahami lebih lanjut tentang Sirius, baca di sini:

Mengenal Sirius, Satu-satunya Bintang yang Disebut dalam Al-Qur'an

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X