Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahli: Infeksi Covid-19 Makin Tinggi Jadi Masalah Serius bagi Vaksin

Kompas.com - 24/03/2021, 18:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber CNN


KOMPAS.com- Vaksinasi Covid-19 mulai intens dilakukan untuk mengendalikan pandemi virus corona. Ahli ingatkan bahwa saat ini, infeksi Covid-19 makin tinggi, dan hal ini bisa menjadi masalah bagi vaksin yang ada.

Ahli tegaskan pentingnya menurunkan jumlah infeksi Covid-19, terkait dampak terhadap kemanjuran vaksin Covid-19 yang telah mulai divaksinasikan ke orang-orang.

Vaksin Covid-19 saat ini, belum cukup memberikan perlindungan bagi virus corona penyebab pandemi global ini.

Sebab, ahli menilai bahwa munculnya varian baru virus corona yang kian menyebar dengan cepat, dikhawatirkan dapat memicu gelombang infeksi lain. Bahkan, kondisi saat ini, infeksi Covid-19 di Amerika Serikat juga makin tinggi.

Baca juga: 94 Persen Vaksin Pfizer Efektif Cegah Infeksi Covid-19 Tanpa Gejala

 

Di Amerika Serikat, seperti dikutip dari CNN, Rabu (24/3/2021), hanya sekitar 13,7 persen dari populasi di negara ini yang telah menerima vaksinasi penuh.

"Kita harus bertindak sekarang, dan saya khawatir jika kita tidak segera mengambil tindakan yang benar, maka kita akan mengalami lonjakan lain. Seperti yang kita lihat di Eropa sekarang dan seperti kita begitu agresif meningkatkan vaksinasi," kata Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Dr. Rochelle Walensky.

Ahli mengatakan bahwa dengan tingkat infeksi Covid-19 yang tinggi saat ini juga bisa berarti masalah bagi vaksin di kemudian hari.

"Penyebaran yang tidak terkontrol (infeksi Covid-19 makin tinggi) tidak hanya menyebabkan penyakit yang dapat dihindari, rawat inap dan kematian, tetapi juga meningkatkan risiko munculnya varian yang lebih berbahaya yang dapat membuat vaksin menjadi kurang efektif," kata mantan direktur CDC, Dr. Tom Frieden.

Baca juga: Vaksin Oxford AstraZeneca Gagal Cegah Infeksi Covid-19 di Afrika Selatan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com