Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

94 Persen Vaksin Pfizer Efektif Cegah Infeksi Covid-19 Tanpa Gejala

Kompas.com - 12/03/2021, 08:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Reuters

KOMPAS.com - Vaksin Pfizer dan BioNTech yang dikembangkan dengan teknologi mRNA mengungkapkan data baru yang menunjukkan vaksin mereka 94 persen efektif dalam mencegah infeksi Covid-19 tanpa gejala.

Data dari Israel tersebut disampaikan Pfizer pada Kamis (11/3/2021) yang menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 mereka 94 persen efektif dalam mencegah infeksi virus corona tanpa gejala atau asimtomatik.

Artinya, vaksin Pfizer dapat mengurangi penularan Covid-19 secara signifikan.

Pfizer-BioNTech juga mengatakan bahwa analisis terbaru dari data Israel menunjukkan vaksin 97 persen efektif dalam mencegah penyakit simptomatik, penyakit parah, dan kematian, dilansir dari Reuters, Jumat (12/3/2021).

Pada dasarnya, data tersebut sejalan dengan 95 persen kemanjuran vaksin Pfizer dan BioNTech yang dilaporkan dari uji klinis tahap akhir vaksin pada bulan Desember 2020.

Baca juga: Vaksin mRNA Pfizer Berhasil Netralkan Varian Virus Corona Brasil

 

Kementerian Kesehatan Israel, yang telah mengirimkan data ke Pfizer dan bekerja sama dengan penyedia layanan kesehatan yang memberikan vaksin, tidak menanggapi permintaan komentar terkait data ini.

Analisis tersebut juga menunjukkan bukti nyata lainnya tentang keefektifan vaksin Pfizer terhadap varian Covid-19 yang sangat menular yang pertama kali diidentifikasi di Inggris.

Varian baru virus corona asal Inggris tersebut kemudian dikenal sebagai B.1.1.7. Lebih dari 80 persen spesimen yang diuji saat analisis dilakukan adalah varian B.1.1.7.

Baca juga: Suntikan Pertama Vaksin Pfizer di Israel 85 Persen Efektif, Studi Jelaskan

 

Data ini menunjukkan hanya ada sejumlah kecil infeksi di Israel yang disebabkan oleh varian virus corona Afrika Selatan, yang dikenal sebagai B.1.351, sehingga mereka tidak dapat mengevaluasi keefektifan vaksin mRNA itu terhadap varian ini.

Israel adalah negara yang memimpin vaksinasi Covid-19 di dunia, sebagian besar berkat kesepakatan untuk berbagi data dengan Pfizer dan BioNTech.

Hingga Rabu, sekitar 55 persen dari 9 juta penduduk Israel telah memperoleh dosis pertama vaksin Pfizer.

Menurut data Kementerian Kesehatan Israel, 43 persen di antaranya telah menerima dosis kedua dari vaksin Pfizer berbasis mRNA untuk mencegah infeksi Covid-19. 

Baca juga: Studi Inggris pada Vaksin Pfizer, 1 Dosis Kurangi Risiko Infeksi Corona 75 Persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com