Kompas.com - 11/03/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi asteroid. NASA akan meluncurkan misi luar angkasa Lucy yang pertama ke asteroid Trojan yang mengorbit Matahari. Asteroid Trojan memegang petunjuk penting tentang sejarah tata surya, dan bahkan mungkin asal muasal bahan organik di Bumi. SHUTTERSTOCK/Dima ZelIlustrasi asteroid. NASA akan meluncurkan misi luar angkasa Lucy yang pertama ke asteroid Trojan yang mengorbit Matahari. Asteroid Trojan memegang petunjuk penting tentang sejarah tata surya, dan bahkan mungkin asal muasal bahan organik di Bumi.

KOMPAS.com- Untuk pertama kalinya, ilmuwan terkejut menemukan air dan bahan organik di asteroid. Penemuan ini memberikan pemahaman baru tentang bagaimana Bumi terbentuk.

Para ilmuwan menemukan bahan-bahan organik pada sampel dari asteroid Itokawa dalam misi Hayabusa pertama yang dilakukan Badan Eksplorasi Dirgantara Jepang (JAXA) pada tahun 2010.

Dilansir dari The Independent, Kamis (11/3/2021), sampel berupa sebutir batuan dari asteroid itu dianalisis, dan untuk pertama kalinya bahan yang terkandung dalam material asteroid ini mengejutkan ilmuwan.

Dalam sampel itu terdapat air dan bahan organik yang bukan berasal dari dunia asing, tetapi dari asteroid itu sendiri.