Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Vaksin mRNA Pfizer Berhasil Netralkan Varian Virus Corona Brasil

Kompas.com - 09/03/2021, 17:02 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com- Vaksin Covid-19 berbasis messenger RNA (mRNA) yang dikembangkan Pfizer bersama BioNTech berhasil menetralkan varian virus corona Brasil.

Dalam sebuah studi laboratorium, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (9/3/2021), vaksin Pfizer mampu menetralkan varian P1 yang menyebar dengan cepat di Brasil.

Studi laboratorium yang diterbitkan dalam New England Journal of Medicine, Senin (8/3/2021) ini dilakukan dengan mengamati sampel darah yang diambil dari orang yang telah diberi vaksin untuk menetralkan versi rekayasa virus yang mengandung mutasi yang sama yang dibawa pada protein spike varian virus P2.

Studi tersebut dilakukan para ilmuwan dari Pfizer dan University of Texas Medical Branch, Amerika Serikat.

Para ilmuwan mengatakan bahwa kemampuan menetralkan secara kasar setara dengan efek vaksin pada versi virus yang kurang menular pada varian sebelumnya dari tahun lalu.

Baca juga: Kabar Baik, Vaksin Covid Pfizer Efektif Lawan Mutasi Virus Corona Baru

 

Protein spike yang digunakan virus corona untuk memasuki dan menginfeksi sel manusia, adalah target utama dari banyak vaksin Covid-19 yang dikembangkan saat ini.

Efektivitas rendah pada varian Afrika Selatan

Meskipun dalam studi laboratorium yang dipublikasikan belum lama ini menunjukkan, vaksin Pfizer efektif netralkan varian virus corona P1 Brasil, namun tidak demikian pada varian yang lain.

Dalam studi yang diterbitkan sebelumnya, Pfizer telah menemukan bahwa vaksin mRNA Covid-19 yang dikembangkannya menetralkan varian baru virus corona yang lebih menular yang pertama kali diidentifikasi di Inggris dan Afrika Selatan.

Baca juga: Pfizer Janjikan Vaksin Covid-19 mRNA Bisa Disimpan pada Suhu Tinggi

 

Sayangnya, pada varian virus Covid-19 Afrika Selatan ternyata antibodi pelindung yang ditimbulkan vaksin mRNA Pfizer berkurang signifikan.

Hal yang sama juga terjadi pada vaksin mRNA yang dikembangkan Moderna. Seperti dilansir dari Business Insider, sebuah studi laboratorium melaporkan vaksin Covid-19 Moderna dan Pfizer tampak kurang efektif secara signifikan terhadap varian virus corona Afrika Selatan.

Peneliti menyebut bahwa persentase antibodi pelindung yang menetralkan varian virus corona yang disebut B.1.351 adalah 12,4 kali lebih rendah untuk vaksin Covid-19-19 Moderna daripada melawan virus corona varian asli, dan 10,3 kali lebih rendah untuk Pfizer.

Baca juga: Studi Inggris pada Vaksin Pfizer, 1 Dosis Kurangi Risiko Infeksi Corona 75 Persen

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com