Kompas.com - 11/03/2021, 17:03 WIB
Danau Salda di Turki. Ilmuwan menemukan endapan mineral di danau ini menyimpan petunjuk kehidupan purba planet. Kandungan mineral seperti yang ditemukan di Kawah Jezero, planet Mars. UMIT BEKTAS via REUTERSDanau Salda di Turki. Ilmuwan menemukan endapan mineral di danau ini menyimpan petunjuk kehidupan purba planet. Kandungan mineral seperti yang ditemukan di Kawah Jezero, planet Mars.


KOMPAS.com- Di saat robot Perseverance badan antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah menjelajahi permukaan Mars, ilmuwan lain di Bumi sedang berburu tanda-tanda kehidupan melalui data mineral yang ditemukan di sebuah danau di Turki.

NASA mengatakan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (11/3/2021), mineral dan endapan batuan di Danau Salda, Turki menunjukkan kecocokan dengan mineral yang ada di sekitar Kawah Jezero, planet Mars.

Kawah Jezero adalah kawasan yang ditargetkan dalam pendaratan Perseverance NASA pada Februari lalu.

Wilayah ini diyakini sebagai tempat di planet merah yang pernah dibanjiri air.

Baca juga: Robot Perseverance NASA Sukses Mendarat di Mars, Cari Bukti Kehidupan

 

Data yang dikumpulkan ilmuwan dari Danau Salda di Turki, diharapkan dapat membantu mereka mencari jejak fosil kehidupan mikroba yang terawetkan dalam sedimen yang diduga telah mengendap di sekitar delta.

"Salda, akan berfungsi sebagai analogi yang kuat di mana kita dapat belajar menginterogasi," kata Thomas Zurbuchen, administrator asosiasi NASA untuk sains, kepada Reuters.

Pada tahun 2019, sekelompok tim ilmuwan planet dari Amerika dan Turki melakukan penelitian bersama di garis pantai danau Salda.

Danau ini juga dikenal sebagai Maladewa Turki, karena airnya yang biru dan pantai dengan pasir putihnya.

Para ilmuwan meyakini bahwa sedimen di sekitar danau di Turki ini terkikis dari gundukan besar yang terbentuk dengan bantuan mikroba atau yang dikenal sebagai microbialites. Ini yang akan memberikan petunjuk kehidupan mikroba di planet Mars.

Baca juga: Mencari Kehidupan Kuno di Mars, Ini Misi Robot Penjelajah NASA

Halaman:


Sumber Reuters
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X