Kompas.com - 11/03/2021, 17:03 WIB
Danau Salda di Turki. Ilmuwan menemukan endapan mineral di danau ini menyimpan petunjuk kehidupan purba planet. Kandungan mineral seperti yang ditemukan di Kawah Jezero, planet Mars. UMIT BEKTAS via REUTERSDanau Salda di Turki. Ilmuwan menemukan endapan mineral di danau ini menyimpan petunjuk kehidupan purba planet. Kandungan mineral seperti yang ditemukan di Kawah Jezero, planet Mars.

KOMPAS.com- Di saat robot Perseverance badan antariksa Amerika Serikat (NASA) tengah menjelajahi permukaan Mars, ilmuwan lain di Bumi sedang berburu tanda-tanda kehidupan melalui data mineral yang ditemukan di sebuah danau di Turki.

NASA mengatakan, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (11/3/2021), mineral dan endapan batuan di Danau Salda, Turki menunjukkan kecocokan dengan mineral yang ada di sekitar Kawah Jezero, planet Mars.

Kawah Jezero adalah kawasan yang ditargetkan dalam pendaratan Perseverance NASA pada Februari lalu.

Wilayah ini diyakini sebagai tempat di planet merah yang pernah dibanjiri air.