Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

NASA: Wahana Antarika Mars Deteksi Kehidupan Kuno di Australia, Kok Bisa?

Kompas.com - 05/05/2020, 19:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Futurism


KOMPAS.com - Badan antariksa Amerika (NASA) sedang menguji wahana antariksa baru untuk planet Mars dengan penjelajahan di padang pasir Australia.

NASA Perseverance rencananya akan diluncurkan ke Mars pada Juli mendatang. Wahana penjelajah ini nantinya akan mencari tanda-tanda kehidupan purba di planet ini.

Namun, selama pengujian penjelajahan di sepanjang padang pasir Australia, para ilmuwan NASA dikejutkan dengan penemuan kehidupan kuno di kawasan ini.

Baca juga: Medan Magnet Kuno di Mars Ungkap Sejarah Evolusi Planet Merah

Jejak kehidupan purba di Australia Flinders Rangers, penjelajah Mars ini menemukan fosil fisik dan tanda-tanda kehidupan mikroba dari ratusan juta tahun yang lalu.

"Kami menemukan tanda-tanda kehidupan mikroba purba dari periode Kambria, yakni ketika hewan pertama kali berevolusi di Bumi," kata ahli astrobiologi University of New South Wales, Bonnie Teece seperti dilansir dari Futurism, Selasa (5/4/2020).

Penelitian baru ini memberikan tanda bahwa teknologi ini menjanjikan dan sesuai untuk misi perburuan kehidupan di luar Bumi, yakni yang akan dilakukan di Mars.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com