Kompas.com - 05/05/2020, 17:03 WIB
Penyanyi Didi Kempot tampil di hari pertama Synchronize Festival 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/10/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOPenyanyi Didi Kempot tampil di hari pertama Synchronize Festival 2019 di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Jumat (4/10/2019).

 


KOMPAS.com - Beberapa tahun terakhir, lagu-lagu campursari milik Didi Kempot kian populer dan digandrungi semua lapisan masyarakat di Indonesia.

Penyanyi campursari kelahiran Solo ini memang telah lama dikenal sebagai pelantun lagu-lagu sedih tentang patah hati.

"Gek opo salah awakku iki. Kowe nganti tego mblenjani janji. Opo mergo kahanan uripku iki".

Sepenggal lirik lagu Cidro yang ditulis Didi Kempot berdasarkan perasaan yang pernah dialaminya.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, lirik-lirik lagu berbahasa Jawa tersebut mengandung makna yang menyedihkan.

Baca juga: Ratusan Lagu Patah Hati Karya Didi Kempot, Bukti Sedih Bikin Kreatif?

Tak heran jika para penggemarnya yang menamakan diri sebagai Sobat Ambyar, menggambarkan perasaan hati remuk saat mendengarkan lagu-lagu Lord Didi.

Anehnya, lagu-lagu sedih yang dilantunkan Sang Maestro Campursari ini justru memberi efek yang tidak biasa, seperti berikut.

Ilustrasi.SHUTTERSTOCK Ilustrasi.

1. Lagu sedih memotivasi lebih kreatif

Sejak ribuan tahun, banyak orang berspekulasi tentang hubungan antara kesedihan dan kreativitas. Tak sedikit orang beranggapan, kesengsaraan dapat membuat orang memiliki motivasi positif dalam berinovasi.

Psikolog asal Australia, Joe Forges dari Universitas New South Wales mencoba menyelidiki manfaat dari suasana hati yang negatif, seperti melansir Kompas.com.

Baca juga: Fenomena Sweet Anticipation, Lagu Patah Hati Didi Kempot Bikin Senang

Melalui serangkaian penelitian yang dilakukannya, menemukan bahwa rasa sedih dapat membuat kita memiliki perhatian penuh dan berorientasi pada detail kolase yang dirasakan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X