Ilmuwan Temukan Bukti Adanya Parallel Universe, di Mana Waktu Berjalan Terbalik

Kompas.com - 21/05/2020, 17:03 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

KOMPAS.com – Sekelompok ilmuwan NASA tengah berkutat pada eksperimen di Antartika mengenai keberadaan alam semesta paralel (parallel universe).

Konsep dari parallel universe telah ada sejak awal 1960-an, di mana hukum fisika terjadi berkebalikan dengan apa yang manusia percaya saat ini.

Konsep tersebut pada awalnya hanya dipercaya para pecinta film dan komik sains-fiksi. Namun eksperimen deteksi kosmos baru-baru ini telah menemukan partikel yang dipercaya ilmuwan berasal dari parallel universe.

Baca juga: Rahasia Alam Semesta: Apa Itu Lubang Hitam dan Bagaimana Terbentuknya?

Melansir New York Post, Kamis (21/5/2020), partikel tersebut kemungkinan besar berasal dari ledakan Big Bang yang merupakan kelahiran alam semesta.

Dalam melakukan eksperimen ini, para ilmuwan NASA menerbangkan alat menyerupai balon udara bernama Antartic Impulsive Transient Antenna (ANITA). Alat tersebut diterbangkan jauh di angkasa Antartika, di mana kondisi udara sekeliling sangat kering dan jauh dari sinyal radio apapun.

Kemudian, ditemukan gerakan “angin” dari partikel-partikel berenergi tinggi yang secara konstan menghampiri Bumi dari luar angkasa.

Partikel-partikel yang memiliki energi rendah, atau mendekati nol, secara ilmiah dapat melewati atmosfer dan tiba di Bumi. Namun partikel berenergi tinggi dihentikan oleh partikel-partikel solid di angkasa Bumi.