Rahasia Alam Semesta: Apa Itu Lubang Hitam dan Bagaimana Terbentuknya?

Kompas.com - 14/05/2020, 03:46 WIB
Ilustrasi material luar angkasa dan bintang masuk ke dalam pusara lubang hitam supermasif. Jurik PeterIlustrasi material luar angkasa dan bintang masuk ke dalam pusara lubang hitam supermasif.


KOMPAS.com - Sebuah lubang hitam dekat dengan Bumi baru-baru ini ditemukan dan semakin memberi rasa penasaran para astronom seperti apa lubang hitam ini.

Berjarak sejauh 1.000 tahun cahaya dari planet Bumi di rasi bintang selatan Telescopium, lubang hitam ini milik sebuah sistem dengan dua buah bintang pendamping yang sangat terang untuk dapat diamati dengan mata telanjang.

Lantas, apa itu lubang hitam?

Lubang hitam adalah titik di ruang angkasa yang begitu padat, sehingga menyebabkan gravitasi yang dapat menenggelamkan dengan sangat dalam.

Baca juga: Astronom Temukan Lubang Hitam Baru Terdekat Bumi, Apa Istimewanya?

Bahkan, di wilayah tertentu, cahaya tidak bisa lepas dari tarikan gravitasi yang kuat dari lubang hitam.

Melansir National Geographic, Rabu (13/5/2020), apa pun benda langit yang berada dekat dengannya, baik itu bintang, planet, atau pesawat ruang angkasa, akan tertarik dan dikompresi oleh lubang hitam.

Dalam proses teoretis, gaya tarik dari lubang hitam ini dikenal sebagai spaghettification atau spagettifikasi.

Ada empat jenis lubang hitam, yakni stellar, intermediate, supermasif, dan miniature. Lubang hitam hanya dapat diamati dengan teleskop luar angkasa dengan fitur khusus.

Baca juga: Astronom Buktikan Munculnya Lubang Hitam Supermasif Setelah Big Bang

Ukuran lubang hitam

Seperti dilansir dari NASA.gov, ukuran lubang hitam bisa besar atau kecil. Para ilmuwan berpikir lubang hitam terkecil adalah hanya sekitar satu atom.

Kendati ukurannya sangat kecil, tetapi lubang hitam ini memiliki massa seukuran gunung yang besar. Massa yang dimaksud yakni jumlah materi atau barang yang ada dalam suatu obyek.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X