Lubang Hitam Baru Terdekat Bumi, Bisakah Terlihat dari Indonesia?

Kompas.com - 09/05/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi quasar melingkupi lubang hitam supermasif. Yoshiki MatsuokaIlustrasi quasar melingkupi lubang hitam supermasif.


KOMPAS.com- Para astronom baru saja menemukan lubang hitam baru yang terdekat dengan Bumi, disebut dengan biner HR 6819.

Sebelumnya, lubang hitam yang ditemukan astronom ini ditemukan menggunakan teleskop 2,2 meter MPG/ESO yang berada di Observatorium La Shilla, Chili, seperti melansir dari Live Science, Rabu (6/5/2020).

Para astronom tersebut mengamati HR 6819 ini sebagai bagian dari studi yang lebih luas pada sistem bintang ganda. Selanjutnya, temuan ini ditindaklanjuti oleh para astronom lainnya. Salah satunya adalah astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo.

HR 6819 (QV Telescopii) adalah sistem bintang tripel di rasi Telescopium yang salah satu anggotanya diketahui merupakan lubang hitam.

Baca juga: Astronom Deteksi Mata Rantai Lubang Hitam Ukuran Sedang

Sistem bintang ini berjarak 1.120 tahun cahaya dari Bumi, dibandingkan dengan lubang hitam lainnnya.

"Sehingga lubang hitam tersebut, yakni QV Telescopium Ab adalah lubang hitam stellar terdekat dengan Bumi kita," kata Marufin kepada Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Lubang hitam tersebut memiliki massa lima kali Matahari dan bersifat non-akresi, artinya tidak meradiasikan foton gelombang elektromagnetik dalam jumlah signifikan.

Tidak terlihat dari Indonesia

Marufin berkata bahwa sistem bintang tripel di rasi Telescopium dapat dilihat, karena berada di deklinasi -52 derajat, sehingga mudah disaksikan dari segenap lokasi di hemisfer selatan dan sebagian hemisfer Utara.

"Yakni hingga maksimum garis 38 derajat LU," ujar dia.

Baca juga: Astronom Temukan Lubang Hitam Terdekat dari Bumi

Sistem bintang tripel di rasi Telescopium ini juga tergolong terang untuk ukuran astronomi, yaitu pada magnitudo +54.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X