Lubang Hitam Baru Terdekat Bumi, Bisakah Terlihat dari Indonesia?

Kompas.com - 09/05/2020, 19:02 WIB
Ilustrasi quasar melingkupi lubang hitam supermasif. Yoshiki MatsuokaIlustrasi quasar melingkupi lubang hitam supermasif.

KOMPAS.com- Para astronom baru saja menemukan lubang hitam baru yang terdekat dengan Bumi, disebut dengan biner HR 6819.

Sebelumnya, lubang hitam yang ditemukan astronom ini ditemukan menggunakan teleskop 2,2 meter MPG/ESO yang berada di Observatorium La Shilla, Chili, seperti melansir dari Live Science, Rabu (6/5/2020).

Para astronom tersebut mengamati HR 6819 ini sebagai bagian dari studi yang lebih luas pada sistem bintang ganda. Selanjutnya, temuan ini ditindaklanjuti oleh para astronom lainnya. Salah satunya adalah astronom amatir Indonesia, Marufin Sudibyo.

HR 6819 (QV Telescopii) adalah sistem bintang tripel di rasi Telescopium yang salah satu anggotanya diketahui merupakan lubang hitam.