Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/04/2020, 08:04 WIB
Gloria Setyvani Putri

Editor

KOMPAS.com - Para ilmuwan mendeteksi black hole atau lubang hitam ukuran sedang yang dianggap sebagai "mata rantai yang hilang" untuk memahami fenomena raksasa yang menghancurkan bintang yang meluncur terlalu dekat dengannya.

Dengan menggunakan data dari Teleskop Antariksa Hubble dan dua observatorium sinar-X para peneliti mengukur bobot lubang hitam.

Mereka menemukan, lubang hitam itu bobotnya lebih dari 50.000 kali matahari kita.

Baca juga: Astronom Buktikan Munculnya Lubang Hitam Supermasif Setelah Big Bang

Black hole atau lubang hitam tersebut terletak 740 juta tahun cahaya dari Bumi di galaksi kerdil, yang punya lebih sedikit bintang dibandingkan galaksi Bima Sakti.

Lubang hitam merupakan benda-benda luar biasa padat yang memiliki tarikan gravitasi sangat kuat bahkan cahaya pun tidak bisa lepas.

Temuan itu merupakan salah satu dari beberapa lubang hitam "dengan bobot sedang" yang pernah diidentifikasi, jauh lebih kecil dibanding lubang hitam supermasif yang berada di pusat galaksi besar.

Namun jauh lebih besar daripada lubang hitam yang disebut sebagai stellar-mass black holes yang terbentuk dari reruntuhan-bintang-bintang raksasa.

"Kami mengkonfirmasi sebuah objek yang awalnya ditemukan tahun 2010 itu memang merupakan lubang hitam dengan bobot menengah, yang menghancur-luluhkan bintang yang lewat," kata Natalie Webb, ahli astrofisika Universitas Toulouse.

Webb adalah salah seorang penulis penelitian yang diterbitkan minggu ini di Astrophysical Journal Letters.

Baca juga: Dahsyatnya Letusan Lubang Hitam di Galaksi Ini Terkuat di Alam Semesta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com