Astronom Temukan Lubang Hitam Terdekat dari Bumi

Kompas.com - 08/05/2020, 12:15 WIB
Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi

KOMPAS.com - Para astronom baru saja menemukan lubang hitam yang diperkirakan terdekat dengan Bumi. Lingkungan kosmiknya bahkan bisa dilihat pada malam hari tanpa menggunakan teleskop.

Lubang hitam yang berada sejauh 1.000 tahun cahaya dari Bumi di rasi bintang selatan Telescopium itu, milik sebuah sistem dengan dua buah bintang pendamping yang cukup terang untuk bisa diamati dengan mata telanjang.

Kendati demikian, lubang hitamnya sendiri tetap tak dapat dilihat, karena kekuatan gravitasi yang kuat membuat tak ada satu pun cahaya yang dapat menghindarinya.

Dilansir dari Live Science, Rabu (6/5/2020); para astronom menemukan lubang hitam ini ketika mempelajari suatu objek yang mereka pikir hanyalah sistem bintang biner atau dua bintang yang mengorbit pusat massa yang sama.