Dampak Pemanasan Global, Fenomena Iklim Kuno Dapat Muncul Lagi di Samudra Hindia

Kompas.com - 09/05/2020, 11:02 WIB
Ilustrasi rottadanaIlustrasi


KOMPAS.com - Pemanasan global yang terus terjadi diperkirakan dapat membangkitkan kembali pola iklim kuno di Samudra Hindia.

Diperkirakan pola iklim itu mirip dengan El Nino, berdasarkan penelitian baru oleh para ilmuwan dari University of Texas di Austin yang telah dipublikasikan dalam jurnal Science Advances pada 6 Mei 2020.

Jika El Nino terjadi, peningkatan suhu permukaan Samudra Hindia akan membuat cuaca secara global semakin kacau, terutama di wilayah-wilayah yang bergantung pada pertanian tadah hujan, yakni yang memanfaatkan air hujan sebagai penyuplai utama pasokan air.

Melansir Gizmodo, Sabtu (8/5/2020), studi tersebut didasarkan pada penelitian sebelumnya yang diterbitkan oleh beberapa penulis yang sama di tahun 2019, di mana menunjukkan pola iklim di El Nino di Samudra Hindia ada selama Zaman Es terakhir pada 20.000 tahun yang lalu.

Baca juga: Pemanasan Global Ancam Lapisan Tanah Beku Kutub Utara, Ini Penyebabnya

Saat itu, akibat pemanasan global mendadak yang disebabkan oleh kondisi alami, suhu lautan yang berfluktuasi menyebabkan malapetaka pada pola cuaca global.

Pada masa kini, aktivitas manusia terus mendorong terjadinya pemanasan globbal dan membuat iklim menjadi tidak stabil.

Jika tren ini terus berlanjut, diperkirakan El Nino Samudra Hindia yang terjadi pada 20.000 tahun lalu dapat muncul kembali di awal tahun 2050.

Samudra Hindia hari ini mengalami sedikit perubahan iklim dari tahun ke tahun karena angin yang bertiup dari barat ke timur, menjaga kondisi laut tetap stabil.

Baca juga: Dampak El Nino dan Dipole Mode 2019, Tahun Ini Curah Hujan Lebih Deras

Menurut simulasi, pemanasan global bisa membalikkan arah angin, membuat laut tidak stabil dan mengubah iklim menjadi ayunan antara pemanasan dan pendinginan yang mirip dengan fenomena iklim El Nino di Samudra Hindia dan La Nina di Samudra Pasifik.

Perubahan suhu sekitar satu atau dua derajat saja mungkin tidak tampak seperti masalah besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Gizmodo
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X