Astronom Temukan Lubang Hitam Baru Terdekat Bumi, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 09/05/2020, 12:02 WIB
Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi Ilustrasi lubang hitam di suatu galaksi


KOMPAS.com- Para astronom baru saja menemukan lubang hitam yang diperkirakan terdekat dengan Bumi.

Penemuan lubang hitam ini, seperti melansir Live Science, Rabu (6/5/2020), saat itu para astronom sedang mempelajari suatu objek yang mereka pikir hanyalah sistem biner atau dua bingang yang mengorbit pusat massa yang sama.

Para astronom tersebut menggunakan teleskop 2,2 meter MPG/ESO yang berada di Observatorium La Shilla, Chili, untuk mengamati biner yang dikenal sebagai HR 6819, sebagai bagian dari studi yang lebih luas pada sistem bintang ganda.

Menanggapi penemuan terbaru ini, astronom amatir Indonesia Marufin Sudibyo menjelaskan HR 6819 atau QV Telescopii adalah sistem bintang tripel di rasi Telescopium yang salah satunya anggotanya diketahui merupakan lubang hitam.

Sistem bintang ini berjarak 1.120 tahun cahaya dari Bumi.

Baca juga: Astronom Temukan Lubang Hitam Terdekat dari Bumi

"Sehingga lubang hitam tersebut, yakni QV Telescopium Ab adalah lubang hitam stellar terdekat dengan Bumi kita," kata Marufin kepada Kompas.com, Jumat (8/5/2020).

Lubang hitam tersebut memiliki massa lima kali Matahari dan bersifat non-akresi, artinya tidak meradiasikan foto gelombang elektromagnetik dalam jumlah signifikan.

Galaksi ini memiliki dua lubang hitam di pusatnya.NASA, ESA, the Hubble Heritage Team (STScl/AURA)-ESA/Hubble Collaboration and A. Evans (University of Virginia, Charlottesville/NRAQ/Stony Brook University) Galaksi ini memiliki dua lubang hitam di pusatnya.

Apa istimewanya lubang hitam HR 6819?

Marufin menyebutkan hal istimewa dari lubang hitam yang baru ditemukan ini adalah yang paling dekat dengan Bumi.

"Dibandingkan lubang hitam lainnya, ini adalah lubang hitam terdekat dengan Bumi kita," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X