Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keistimewaan Empat Masjid untuk Ibadah Ramadhan Tahun Ini

Kompas.com - 11/03/2024, 16:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk. telah memiliki pengalaman membangun dan merenovasi sejumlah Masjid di Indonesia.

Setiap proyek pembangunan dilengkapi dengan berbagai fasilitas untuk menunjang ibadah yang aman serta nyaman.

Baca juga: Pertama di Dunia, Arab Saudi Resmi Punya Masjid Cetak 3D

Beberapa proyek masjid yang sudah dibangun dan direnovasi oleh Waskita yaitu, Masjid Baiturrahman Aceh, Masjid Istiqlal Jakarta, Masjid Baiturrahman Semarang dan Masjid Sheikh Zayed Solo.

SVP Corporate Secretary Perseroan Ermy Puspa Yunita menjelaskan, dalam membangun dan merenovasi, Waskita juga melihat sejarah atau latar belakang berdirinya masjid-masjid tersebut.

Masjid Istiqlal.Dok. Shutterstock/Sony Herdiana Masjid Istiqlal.

Hal ini dilakukan menyelaraskan bangunan tanpa harus merubah bentuk yang signifikan, sehingga nilai sejarah masih terjaga.

“Misalnya Masjid Baiturrahman Aceh yang ternyata menjadi salah satu Masjid yang sangat tua berdiri sejak tahun 1612. Lalu Masjid Istiqlal Jakarta yang dibangun tahun 1961 dan waktu pembangunannya baru selesai 17 tahun kemudian,” jelasnya.

Sementara itu, Masjid Baiturrahman Semarang awalnya bernama Masjid Candi Semarang dan didirikan sejak tahun 1955.

“Kalau Masjid Sheikh Zayed Solo yang merupakan bentuk hibah dari Pemerintah Persatuan Emirat Arab (PEA) kepada Indonesia,” terang Ermy dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Senin (11/3/2024). 

Baca juga: Masjid Negara di IKN Mulai Dibangun, Nilai Konstruksinya Rp 940 Miliar

Dalam prosesnya, masjid-masjid yang dibangun oleh Waskita diselesaikan dengan tepat waktu bahkan ada beberapa yang lebih cepat pembangunannya.

Selain itu, ada juga yang sudah dilengkapi dengan inovasi green building serta beberapa fasilitas dengan teknologi modern.

Masjid Baiturrahman Aceh, misalnya, baru direnovasi pada tahun 2015 setelah hancur karena terdampak bencana tsunami tahun 2004.

Masjid ini kemudian dikembangkan menyerupai Masjid Nabawi di Madinah Arab Saudi dengan dipasangnya 12 payung raksasa serta pohon kurma di sekitar halaman Masjid.

Dengan perluasan halaman dan pemasangan payung elektrik, masjid mampu menampung i 24.405 jamaah. 

Selanjutnya, Masjid Istiqlal Jakarta, yang direnovasi Waskita sejak tahun 2019 dan rampung pada Januari 2021.

Dalam pembangunannya, Waskita mengaplikasikan tata pencahayaan yang dilengkapi teknologi kekinian sebagai inovasi Green Building.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com