Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid Negara di IKN Mulai Dibangun, Nilai Konstruksinya Rp 940 Miliar

Kompas.com - 17/01/2024, 11:06 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memulai pembangunan Masjid Negara di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Rabu (17/01/2024).

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Masjid Negara secara resmi saya nyatakan dimulai," ujarnya dikutip dari tayangan yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Merujuk informasi dari Menteri Agama, Kepala Negara menyampaikan bahwa Masjid Negara di IKN diperkirakan bisa menampung 61.000 jamaah.

Di sekitar masjid nantinya juga akan dikelilingi air dengan adanya embung buatan.

"Sehingga saya membayangkan masjid ini adalah masjid yang akan sangat indah dari luar dan juga akan sangat indah interiornya dari dalam," katanya.

Baca juga: Jokowi Resmi Luncurkan Nusantara Logistic Hub di IKN

Dengan nilai konstruksi Rp 940 miliar, Masjid Negara di IKN dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti lansekap, utilitas, serta jalan dan jembatan.

"Dibangun kurang lebih 400 hari kalender, ditargetkan akhir tahun ini, saya dibisiki bisa selesai, InsyaAllah bisa selesai," tuturnya.

Selain itu, di kawasan ini tidak hanya masjid saja yang akan dibangun. Tetapi juga gereja katedral, vihara, pura, hingga kelenteng.

"Ini akan menunjukkan betapa kira ini sangat beragam tetapi kerukunan tetap terus kita jaga untuk membangun persatuan di negara kita," tandasnya.

Kepala Negara berharap Masjid Negara ini bisa menjadi tempat yang nyaman bagi umat muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan, aktivitas sosial lainnya, dan simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di IKN.

"Saya ingin masjid yang ada dibangun ini bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia dan menampilkan kekhasan Indonesia, menampilkan kekhasan Ibu Kota Nusantara," pungkas Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com