Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Stasiun MRT Jakarta Thamrin dan Monas "On Schedule"

Kompas.com - 08/05/2024, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Progres proyek MRT Jakarta Fase 2A CP 201 Stasiun Thamrin-Stasiun Monas berjalan sesuai jadwal.

Berdasarkan data PT MRT Jakarta (Perseroda), progres pembangunan dua stasiun bawah tanah tersebut mencapai 75,83 persen.

Untuk Stasiun Thamrin, pekerjaan yang sedang dilakukan meliputi pengecoran lantai dasar dan kolom, instalasi OTE Duct, pondasi entrance 4, suar penyejuk, dan ventilation tower di Thamrin 10.

Kemudian ada penggalian area kamaniti, instalasi dinding AAC di beranda peron dan pipa drainase di bawah peron, serta pemasangan mock up peralatan MEP.

Sementara pekerjaan yang dilakukan di Stasiun Monas, meliputi pengecoran box jacking segmen ketiga dari total lima segmen untuk entrance 1 Jalan Museum, penggalian tahap 2 untuk entrance 2 Jalan Silang Barat Daya, pengecoran tangga suar penyejuk, instalasi metal ceiling.

Lalu ada penyelesaian lantai, pemasangan kaca loket, toilet, metal roof ruang generator, instalasi sistem HVAC, suplai air dan drainase, pekerjaan pemadam kebakaran dan elektrikal, serta instalasi eskalator beranda peron ke peron.

Baca juga: MRT Jakarta Gaet SMI, Garap Proyek Mixed Use di Dekat Stasiun Blok M dan ASEAN

Adapun CP 201 merupakan bagian dari proyek MRT Jakarta Fase 2A yang mencakup tujuh stasiun, antara lain Stasiun Thamrin, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, dan Kota.

Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp 25,3 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

Sebelumnya, Pemerintah Jepang juga telah memberikan dukungannya di proyek MRT Jakarta Fase 1 Stasiun Lebak Bulus-Stasiun Bundaran HI melalui dana pinjaman sebesar sekitar Rp 16 triliun.

"Bagi MRT Jakarta, perwujudan dukungan tersebut telah dirasakan oleh lebih dari 100 juta penumpang yang telah menikmati layanan MRT Jakarta Fase 1," ungkap Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) Tuhiyat, dikutip dari keterangan resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com