Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merah Putih Klaim Dominasi Proyek Tol Dalam Kota dan JORR

Kompas.com - 08/05/2024, 15:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Cemindo Gemilang Tbk melalui Semen Merah Putih memiliki produk beton yakni Merah Putih Beton, yang diklaim mendominasi pengerjaan Jalan Tol Dalam Kota maupun Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Hal tersebut disampaikan Commercial Director Cemindo Gemilang Surindro Kalbu Adi dalam media gathering di Jakarta, Rabu (8/5/2024).

"Bapak/Ibu kalau di Tol Dalam Kota, JORR, mostly (kebanyakan) yang mengerjakan Merah Putih Beton, kita punya beton yang tiga jam itu bisa langsung dilewati," kata dia.

Surindro mengeklaim, inovasi produk beton tersebut merupakan yang pertama ada dalam industri readymix.

Sebab, perusahaan semen lainnya hanya bisa membuat produk beton yang bisa dilewati dalam kurun delapan jam.

Saat ini, pihaknya tengah melakukan upgrade (pembaruan) atas inovasi Merah Putih Beton agar bisa dilewati kendaraan dalam waktu sejam.

Baca juga: Merah Putih Beton Jadi yang Pertama Terapkan Teknologi Carbon Injection

Selain itu, Merah Putih Beton menjadi yang pertama menggunakan teknologi carbon injection (injeksi karbon) dalam bisnis Merah Putih Beton, baik produk precast (pra-cetak) maupun readymix.

Artinya, produsen semen lain membuang CO2 (karbon dioksida) dibuang ke udara, tetapi berbeda dengan perusahaan yang menginjeksi zat tersebut dengan ditanam di dalam beton.

Kemudian, zat kimia tersebut tertanam selamanya di beton tersebut dan lama-kelamaan bereaksi menjadi kristal.

Selain itu, perseroan konsisten menerapkan strategi pengurangan emisi CO2 dalam produksi berbagai produk semen semen Non-OPC (ordinary portland cement) yang dimiliki.

Beberapa produk ramah lingkungan Semen Merah Putih mencakup tipe semen portland composite cement (PCC), hydraulic cement, hingga portland slag cement.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com