Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tunggu Jadwal Prabowo-Gibran, REI Siap Paparkan "Roadmap" Sektor Perumahan

Kompas.com - 08/05/2024, 12:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masalah di sektor perumahan sangat kompleks. Upaya untuk menuntaskan berbagai persoalan itu mendorong Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia (REI) untuk menyampaikan permasalahan di sektor perumahan kepada pemerintahan baru yang akan datang.

Ketua Umum DPP REI, Joko Suranto mengatakan permasalahan di sektor perumahan sangat kompleks dan selama ini diakui kurang ditangani dengan baik.

Hal itu sudah disampaikan REI berulang kali baik melalui berbagai forum maupun media massa, sehingga isu tersebut mendapat tanggapan terutama dari presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Gagasan tersebut kemudian diimplementasikan oleh Prabowo-Gibran lewat Program Pembangunan 3 Juta Rumah per tahun.

Baca juga: Pesan Buat Pemerintahan Baru: Maksimalkan Peran Badan Perumahan

“Tidak sampai disitu, REI juga saat ini tengah menunggu jadwal untuk bertemu presiden dan wakil presiden terpilih untuk menyampaikan peta jalan (roadmap) sektor perumahan dan propertinomic yang sudah kami siapkan,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (6/5/2024).

Joko memaparkan, sebagai bagian dari Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dirinya sudah melakukan banyak hal untuk mendorong sektor perumahan diurus secara tepat.


Di antaranya dengan paradigma propertinomic yang berlandaskan pada empat pilar yakni penguatan institusi atau kelembagaan yang mengurusi perumahan, fokus pada kebijakan dan keberpihakan, mengoptimalkan anggaran perumahan, serta mendorong sektor perumahan menjadi program strategis nasional (PSN).

REI terus mengajak banyak pihak untuk berdialog maupun membuka ruang-ruang diskursus terkait sektor perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Baca juga: Prabowo-Gibran Janji Bangun 3 Juta Rumah

REI juga mendorong pentingnya sektor properti menjadi garda terdepan bagi pencapaian net zero emission melalui program penanaman 1 juta pohon di seluruh proyek perumahan anggota REI.

“Roadmap yang kami siapkan secara spesifik akan menjelaskan bagaimana sektor perumahan ini harus ditangani baik skema pembiayaan maupun pola kemitraan yang dapat dikembangkan,” jelasnya.

Joko menambahkan, REI sejak awal juga menjadi salah satu inisiator yang mendorong dibentuknya Kementerian Perumahan dan Perkotaan pada kabinet mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com