Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fasilitas Baru di Stasiun KRL, "Shelter Bike" dan "Water Station"

Kompas.com - 11/03/2024, 15:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - KAI Commuter menghadirkan dua fasilitas baru di stasiun krl atau commuterline.

Pertama, ada Commuter Shelter Bike atau fasilitas parkir sepeda gratis di area stasiun dengan desain yang lebih sporty. Ini merupakan pembaruan dari parkiran sepeda yang sebelumnya sudah tersedia.

Direktur Operasi dan Pemasaran KAI Commuter Broer Rizal berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pada proses pembangunan fasilitas tersebut di Stasiun Rawa Buaya, Minggu (10/3/2024).

"Commuter Shelter Bike merupakan inovasi dari layanan parkir sepeda di stasiun yang sebelumnya sudah tersedia", ujar Broer Rizal, dikutip dari keterangan resmi.

Selain di Stasiun Rawa Buaya, layanan Commuter Shelter Bike sudah selesai dibangun di Stasiun Depok, Stasiun Lentengagung dan Stasiun Tebet.

"Nantinya akan disediakan juga di Stasiun Kranji, Matraman, Cikarang, Kemayoran, Pondok Ranji, Tanjung Priok, Buaran, Cisauk, Duri, Daru, Kebayoran, Palmerah, Bogor, dan Bekasi," tambah Broer Rizal.

Baca juga: Ibu Hamil, Ini Cara Gratis Dapat Pin Prioritas untuk Naik KRL

Selain itu, dalam mendukung program environmental, social, and corporate governance (ESG) dan gerakan kampanye GreenCommuter, KAI Commuter menyediakan fasilitas Water Station dispenser air minum untuk kebutuhan pengguna di area stasiun.

Dengan fasilitas layanan tersebut, pengguna commuterline bisa mengisi ulang air di stasiun dengan menggunakan tempat air minum sendiri.

Fasilitas dispenser air minum ini gratis dan ditempatkan di titik-titik strategis stasiun.

Water Station saat ini baru tersedia di Stasiun Jakarta Kota, Stasiun Juanda, Stasiun Manggarai, Stasiun Tanah Abang, Stasiun Bekasi, dan akan terus ditambahkan.

"Seperti layaknya dispenser di rumah, Water Station yang ada di stasiun ini pun menyediakan air panas, air suhu normal, dan air dingin. KAI Commuter menjamin kualitas air minum yang disediakan ini sudah disterilisasi sehingga memenuhi baku mutu dan dijamin layak konsumsi," tegas Broer Rizal.

KAI Commuter berharap dengan inovasi dan penambahan fasilitas layanan ini dapat meningkatkan layanan kepada pengguna Commuterline khususnya di wilayah Jabodetabek.

"Kami mengajak kepada seluruh pengguna untuk turut menjaga fasilitas layanan ini agar bisa dinikmati oleh seluruh pengguna Commuterline,” tutup Broer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com