Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/04/2024, 15:44 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebelum ditanam di kebun, benih perlu disemai terlebih dahulu. Penyemaian biasanya dilakukan di dalam ruangan menggunakan tray semai atau polybag kecil. 

Setelah beberapa minggu masa penyemaian, benih akan tumbuh menjadi bibit atau tanaman muda yang siap dipindahkan ke kebun. 

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menanam Bibit Tanaman

Pemindahan bibit dari persemaian ke kebun akan membuat bibit tumbuh lebih cepat dan besar. Cara menanam bibit di kebun harus benar dan hati-hati agar tanaman tidak rusak. 

Dilansir dari The Spruce, Selasa (2/4/2024), berikut waktu dan cara menanam bibit tanaman di kebun dengan benar. 

Kapan waktu penanaman bibit di kebun?

ilustrasi bibit seladaShutterstock/woaiss ilustrasi bibit selada

Waktu penanaman bibit di kebun berbeda-beda tergantung pada jenis tanamannya. Untuk tanaman sayur, umumnya benih mulai tumbuh setelah tujuh hari. 

Setelah tinggi bibit kurang lebih satu cm dan muncul empat sampai lima lembar daun, maka bibit tanaman tersebut sudah bisa dipindahkan ke lahan budidaya. 

Penanaman bibit di kebun sebaiknya saat cuaca sedang berawan atau sore hari. Tujuannya untuk mengurangi stres pada tanaman akibat sinar matahari langsung. 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat untuk Menanam Bibit Buah?

Menyesuaikan bibit yang akan dipindah dengan lingkungan sekitar

Penyesuaian bibit dengan lingkungan sekitar dibutuhkan agar tanaman terhindar dari stres. Mulailah dengan menempatkan bibit di luar ruangan selama beberapa jam sehari di tempat teduh. 

Lalu, secara bertahap tingkatkan paparan sinar matahari dan suhu luar ruangan selama sekitar satu sampai dua minggu. 

Berikan pupuk berimbang

Carrie Spoonmore, pakar berkebun di From Seed to Spoon, mengatakan bibit yang sudah membentuk daun asli harus dipupuk sebelum ditanam di luar ruangan. 

Larutkan pupuk dalam air sampai encer, lalu siramkan ke bibit yang siap dipindah tanam secara hati-hati. Pastikan pupuk tidak langsung mengenai daun agar daun tidak terbakar.

Baca juga: 10 Cara Mengaplikasikan Pupuk pada Tanaman

Siapkan tempat penanaman

Sebelum bibit dipindahkan, siapkan bedengan tanam dengan benar. Bersihkan area tanam agar terbebas dari gulma dan gemburkan tanah sampai teksturnya remah dan subur. 

Pembersihan lahan diperlukan untuk mencegah persaingan gulma dengan tanaman yang dibudidayakan. Sebab, gulma bisa tumbuh lebih cepat dan lebih tinggi dibandingkan bibit tanaman, sehingga dapat menimbulkan persaingan air, nutrisi, cahaya, dan ruang. 

Lakukan penanaman bibit dengan benar

Ilustrasi kailan, menanam kailan. SHUTTERSTOCK/NOPPARAT PROMTHA Ilustrasi kailan, menanam kailan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com