Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/02/2021, 10:27 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menuai hasil dari kebun sayur yang melimpah, Anda membutuhkan tanaman yang sehat. Kesehatan sayuran saat panen sangat bergantung pada tahap awal siklus hidupnya.

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Minggu (7/2/2021), tanah yang sehat, kelembapan yang benar, dan sinar matahari yang cukup, waktu saat Anda menanam benih dan bibit dapat memengaruhi apakah dan bagaimana tanaman sayuran Anda tumbuh subur.

Dimulai dengan bibit

Benih membutuhkan tanah yang hangat dan lembap untuk berkecambah. Meskipun Anda dapat menanam benih di pagi atau sore hari, benih tidak akan berkecambah jika tanah tetap dingin karena suhu terendah ada pada malam hari atau cuaca dingin dan mendung yang berkepanjangan.

Baca juga: Simak, Trik Menyimpan Sayuran dan Buah-buahan di Dapur

Namun, Anda dapat menanam benih pada hari yang cerah, hari yang mendung atau di malam hari ketika Anda yakin bahwa hari-hari yang hangat dan cerah telah diperkirakan.

Syok bibit

Mentransplantasikan bibit Anda dari wadah ke tanah pada hari yang hangat, cerah, atau pada hari yang berangin dapat menyebabkan mereka mengalami "kejutan transplantasi", karena kelembapan akan hilang.

Hal ini disebabkan oleh angin dan matahari, sehingga perkembangan bibit menjadi kerdil, dan tanaman mungkin tidak akan pernah pulih sepenuhnya.

Lebih baik menanam bibit pada hari yang mendung atau pada sore dan malam hari ketika angin sedang tenang untuk menghindari kejutan transplantasi.

Baca juga: Banyak Lalat Buah di Dapur dan Ruang Makan? Ini Cara Membasminya

Transplantasi yang lebih kuat

Memaparkan bibit Anda pada kondisi cerah dan berangin sedikit demi sedikit sebelum menanamnya di tanah disebut sebagai "hardening off".

Menempatkan bibit di luar dalam struktur seperti kerangka sebelum memindahkannya ke dalam tanah memberikan waktu bagi bibit untuk mengembangkan batang dan akar yang lebih kuat dalam pengaturan semi proteksi.

Transplantasi Anda akan menyesuaikan diri dengan taman lebih cepat, bahkan jika bibit ini ditanam pada pagi yang cerah, setelah masa pengerasan, yang akan berlangsung dua minggu sebelum penanaman.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com