Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Buah-buahan Ini Tak Bagus Disimpan di dalam Kulkas

Kompas.com - 30/01/2021, 16:50 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin tidak sedikit orang mengira bahwa bahan makanan apapun bisa diletakkan ke dalam kulkas, salah satunya buah-buahan yang terasa lumrah untuk diletakkan ke dalam kulkas.

Mereka mungkin berpikir kalau menyimpan buah-buahan ke dalam kulkas mungkin bisa memberikan kesegaran yang lebih nikmat saat dikonsumi.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa tidak semua buah itu bisa kamu masukkan begitu saja ke dalam kulkas, karena ada beberapa yang justru tidak dibolehkan untuk dimasukkan ke dalam kulkas.

Baca juga: Jangan Hilangkan Bau Kulkas dengan Baking Soda, Ini Penjelasannya

Dilansir dari berbagai sumber, Sabtu, (30/1/2021), berikut ini beberapa buah-buahan yang sebaiknya jangan diletakkan ke dalam kulkas.

1. Pisang

Pisang akan terus matang pada suhu ruangan, suhu yang dibutuhkan sekitar 15-20 derajat celcius agar pisang matang dengan benar.

Tetapi saat pisang dimasukkan ke dalam kulkas, proses pematangannya terhenti. Kulit pisang juga pada akhirnya bisa menjadi hitam saat diletakkan di dalam kulkas, karena pengaruh suhu pada dinding sel buah.

Oleh karena itu, simpan pisang mentah di atas meja, jauh dari sinar matahari langsung. Kamu bisa meletakkan pisang yang sudah matang di kulkas selama beberapa hari, tapi jangan khawatir saat warnanya menjadi hitam.

Baca juga: Mengapa Lampu Kulkas Mati? Ini Penyebabnya

Penghitaman tersebut terjadi karena kandungan etilen kulit pisang yang mengalami perubahan kimiawi saat mengalami suhu dingin.

2. Mangga mentah

Biarkan mangga utuh yang belum dipotong diletakkan di atas meja untuk matang.
Setelah siap dipotong dan dimakan, kamu bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara yang ditempatkan di kulkas.

3. Persik

Jangan tergoda untuk memasukkan buah persik segar ke dalam kulkas jika belum matang dan siap. Seperti beberapa buah lainnya, suhu dingin menghalangi proses pematangan sehingga kamu harus menunggu lebih lama untuk memakannya.

Persik mentah harus dibiarkan di atas meja sampai agak empuk dan aromanya harum. Setelah itu kamu bisa menyimpannya di kulkas, tapi hanya untuk 1 atau 2 hari.

Persik yang berair akan mengalami dehidrasi jika dibiarkan disimpan di kulkas untuk waktu yang lama.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com