Kompas.com - 07/01/2021, 19:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangga bukanlah makhluk yang dikehendaki keberadaannya di rumah. Salah satunya adalah lalat buah, yang mengganggu di dapur, ruang makan, dan ruangan lainnya di rumah Anda.

Dilansir dari Country Living, Kamis (7/1/2021), lalat buah tertarik dengan buah-buahan dan sayuran yang terfermentasi di rumah. Namun, jangan cemas, ada cara mudah membasmi lalat buah di rumah.

Langkah pertama adalah, pastikan Anda pernah menemukan lalat buah dan bukan yang serupa, seperti agas jamur. Agas cenderung berwarna abu-abu atau hitam, sedangkan lalat buah berkisar dari cokelat muda hingga oranye kemerahan dan cokelat.

Baca juga: Banyak Lalat di Rumah? Berikut Cara Mengusirnya

Lalat buah menyukai buah yang terlalu matang dan hasil lainnya dan tumbuh subur dengan zat fruktosa tinggi. Sebaliknya, agas jamur hidup di tanah dan di tanaman.

Dari mana asalnya dan apa yang menyebabkan lalat buah masuk ke rumah?

Lalat buah tidak menyukai permukaan yang bersih, jadi jaga agar permukaan meja tetap bersih. Saat Anda menumpahkan jus buah atau zat manis lainnya, jangan menunda untuk membersihkannya.

Selain itu, jaga saluran pembuangan bebas dari partikel makanan dan hilangkan semua sisa kotor di dalam dan sekitar saluran pembuangan. Jika tidak, sisa makanan tersebut itu menjadi tujuan bagi lalat buah untuk berkembang biak.

Lalat buah betina bertelur di permukaan atau di dalam buah yang terlalu matang, membusuk, atau membusuk. Setiap lalat betina dapat bertelur hingga 500 telur sekaligus, jadi penting untuk segera mengambil tindakan setelah Anda melihat lalat buah pertama.

Baca juga: Usir Lalat di Rumah dengan Perangkap dari Botol Air Bekas

Setelah menetas, larva berkerumun di buah, seperti pisang yang sudah masak, selama beberapa hari, sebelum berevolusi menjadi dewasa. Secara keseluruhan, siklus hidup mereka cukup cepat.

Lalat buah mampu kawin hanya dalam dua hari setelah mencapai tahap dewasa, yang berarti Anda harus segera membasminya.

Bagaimana cara membasmi lalat buah?

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.