Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Langkah Mudah Menanam Tanaman Herbal di Dalam Rumah

Kompas.com - Diperbarui 16/10/2023, 19:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Goodnet

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman di rumah bukan berarti hanya tanaman hias atau tanaman bunga. Anda juga bisa menanam tanaman herbal, baik di luar maupun di dalam rumah.

Menanam tanaman herbal dalam ruangan tentu memberikan banyak manfaat, termasuk menghemat uang belanja karena Anda bisa langsung memanen dan mengolahnya menjadi bumbu dapur atau bahan masakan.

Namun, tanaman di dalam rumah juga meningkatkan kualitas udara dengan menyerap senyawa organik yang mudah menguap, sejenis polutan dalam ruangan. Selain itu, bebeeapa tanaman herba juga mampu mengusir hama, seperti nyamuk, lalat, atau tungau.

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Digantung

Ilustrasi menanam tanaman herbal di air. SHUTTERSTOCK/MARIDAV Ilustrasi menanam tanaman herbal di air.

Nah, untuk Anda yang ingin menanam tanaman herbal di dalam rumah, berikut langkah-langkah mudahnya, seperti dikutip dari Goodnet.

1. Pilih tanaman

Langkah pertama adalah memilih tanaman herbal yang akan ditanam. Pilih tanaman herbal yang akan digunakan untuk memasak yang dapat Anda potong dengan mudah dari ambang jendela.

Anda dapat memesan semua jenis benih tanaman secara online atau membelinya di toko tanaman. Beberapa tanaman herbal yang dapat Anda pilih adalah yang tumbuh subur sepanjang tahun, seperti rosemary, kucai, oregano, timi, dan ketumbar.

Anda juga dapat memilih sayuran yang tumbuh di dalam ruangan seperti daun bawang, lobak, tomat, atau bayam.

Baca juga: 8 Tanaman Herbal Ini Bisa Jadi Bahan Pembersih di Rumah

2. Pilih pot tanaman

Sekarang Anda membutuhkan tempat untuk tanaman tumbuh. Coba pilih pot tanaman dengan lubang drainase agar tanah tidak terlalu basah.

Halaman:
Sumber Goodnet


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com