Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Madu sebagai Pupuk Alami dan Efek Sampingnya

Kompas.com - 09/12/2023, 21:28 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Memberi pupuk tanaman sepanjang musim tanam merupakan penambah nutrisi yang penting untuk pertumbuhan optimal.

Dikutip dari House Digest, Sabtu (9/12/2023), pupuk menyediakan nutrisi penting seperti fosfor, kalium, dan nitrogen yang mungkin kurang dimiliki tanah atau yang akan dikonsumsi secara alami oleh tanaman seiring berjalannya waktu. Nutrisi ini penting untuk meningkatkan akar yang kuat, daun yang cerah, dan produksi bunga atau buah yang kuat.

Pemupukan yang konsisten memastikan tanaman mendapatkan nutrisi yang mereka perlukan, mencegah defisiensi dan infeksi sekaligus menumbuhkan taman yang subur.

Baca juga: Catat, Ini Jenis Pupuk yang Dibutuhkan Bunga Anggrek

Ilustrasi madu hutanUnsplash Ilustrasi madu hutan

Ada banyak jenis pupuk yang dapat bermanfaat bagi tanaman. Namun, jika Anda mencari solusi cepat atau pilihan yang murah, Anda bisa membuat pupuk alami untuk tanaman dari bahan yang sudah ada di dapur, salah satunya madu.

Anda bisa menggunakan madu untuk tanaman. Komposisi madu, yakni kaya akan gula alami, asam amino, dan enzim, memelihara lingkungan yang mendukung aktivitas mikroba bermanfaat di dalam tanah, mendorong penyerapan nutrisi yang lebih baik oleh tanaman.

Selain rasa manisnya, sifat antimikroba madu juga memperkuat kesehatan tanah terhadap patogen potensial. Madu mendukung perkembangan akar yang kuat, memperkuat kekebalan tanaman.

Alternatif ramah lingkungan ini menghindari bahan kimia sintetis, menghadirkan pendekatan yang lebih sederhana bagi Anda untuk mengolah tanaman yang berketahanan dan berkembang.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk dari Air Kelapa, Mudah dan Murah

Cara menggunakan madu sebagai pupuk tanaman

Memanfaatkan madu sebagai pupuk alami melibatkan proses yang sederhana namun efektif. Untuk membuat larutan madu, mulailah dengan memilih madu mentah yang belum diolah, sebaiknya yang organik, karena kaya akan nutrisi dan khasiat yang bermanfaat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com