Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Begini Cara Memperpanjang Masa Pakai Mesin Cuci

Kompas.com - 09/12/2023, 20:52 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comMesin cuci merupakan peralatan elektronik rumah tangga yang fungsinya sangat penting. Mesin cuci digunakan untuk membersihkan pakaian, selimut, seprai, atau perlengkapan rumah tangga berbahan kain lainnya.

Sama halnya dengan alat elektronik lainnya, masa pakai mesin cuci juga ada batasnya. Lama tidaknya umur pakai alat elektronik ini tergantung pada cara penggunaan dan perawatannya.

Baca juga: 5 Cara Memperpanjang Usia Penggunaan Mesin Cuci

Semakin baik penggunaan dan perawatannya, maka semakin lama pula mesin cuci bisa digunakan. Dikutip dari Better Homes & Gardens, Sabtu (9/12/2023), berikut ini cara memperpanjang masa pakai mesin cuci yang penting untuk diketahui.

Umur pakai mesin cuci

Ilustrasi mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.Opat Suvi Ilustrasi mencuci pakaian menggunakan mesin cuci.

Sebagian besar mesin cuci bisa bertahan antara 7 sampai 15 tahun. Gangguan pada kelistrikan bisa menyebabkan mesin cuci lebih cepat rusak.

Mesin cuci bukaan atas merupakan model mesin cuci klasik yang ternyata bisa bertahan sampai 15 tahun. Namun, mesin cuci ini sangat rentan terhadap kelebihan beban.

Charlotte Granville, spesialis renovasi rumah di Fixr.com mengatakan bahwa mesin cuci muatan depan bertahan lebih lama dibandingkan mesin cuci bukaan atas.

Akan tetapi, mesin cuci bukaan depan lebih rentan terhadap jamur jika tidak dirawat dengan baik.

Baca juga: Catat, Ini Usia Penggunaan Mesin Cuci dan Cara Membuatnya Tahan Lama

Faktor yang mempengaruhi umur mesin cuci

Setiap merek dan model mesin cuci memiliki umur pakai yang berbeda. Namun, penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan mesin cuci cepat rusak.

Muatan yang berat, sering, dan memberikan tekanan besar mengakibatkan mesin cuci rusak dibandingkan mesin cuci yang muatannya ringan. Granville juga mengatakan mesin cuci akan bertahan lebih lama, jika tidak digunakan setiap hari.

Faktor lain yang juga mempengaruhi umur pakai mesin cuci yaitu kualitas air dan listrik yang digunakan. Air sadah bisa meninggalkan endapan mineral yang dapat merusak komponen peralatan dan sistem pipa yang menuju ke mesin maupun pipa dari mesin.

Selain itu, tegangan yang tidak teratur akibat adanya pemadaman listrik atau sekering yang putus juga bisa menyebabkan mesin cepat rusak.

Maka dari itu, pastikan sistem kelistrikan di rumah bisa menjalankan beberapa alat elektronik secara bersamaan tanpa memutus aliran listrik ke alat elektronik tertentu.

Pembersihan rutin juga mempengaruhi masa pakai mesin cuci. Semakin sering mesin cuci dibersihkan, maka semakin lama masa pakainya. Namun, perlu diingat bahwa tidak boleh berlebihan saat membersihkan mesin cuci.

Baca juga: Hindari, Ini 5 Kesalahan Menggunakan Mesin Cuci yang Sering Dilakukan

Cara memperpanjang masa pakai mesin cuci

Ilustrasi mencuci pakaian di mesin cuci. SHUTTERSTOCK/ASLYSUN Ilustrasi mencuci pakaian di mesin cuci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com