Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menggunakan Kulit Kacang untuk Pupuk Tanaman

Kompas.com - 10/08/2023, 12:32 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk sangat penting bagi tanaman untuk tumbuh subur sepanjang tahun. Akan tetapi, harga pupuk seringkali mahal karena lonjakan harga dan kurangnya stok.

Namun, ada banyak bahan yang dapat dijadikan pupuk alami untuk tanaman, yang mudah didapat karena mungkin sudah ada di dapur Anda.

Dikutip dari Express UK, Kamis (10/8/2023), James Mayo, duta biofilik di Exubia menjelaskan, pupuk sangat penting bagi tanaman karena menyediakan vitamin dan mineral penting bagi tanaman agar sehat secara struktural, tetapi harganya mahal.

Baca juga: 5 Pupuk Alami untuk Tanaman Tomat dan Cara Menggunakannya

Ilustrasi kulit kacang. Kulit kacang dapat digunakan untuk pupuk tanaman. SHUTTERSTOCK/KRAKENIMAGES.COM Ilustrasi kulit kacang. Kulit kacang dapat digunakan untuk pupuk tanaman.

Meskipun membayar untuk produk komersial adalah salah satu cara untuk memastikan tanaman mendapatkan semua yang mereka butuhkan untuk tumbuh subur, kulit kacang adalah alternatif yang unggul, dan harganya terjangkau.

Mayo menyatakan, kulit kacang kaya nitrogen untuk menyuburkan tanaman dengan anggaran terbatas.

Sangat penting untuk memupuk tanaman  sebanyak mungkin saat musim tanam adalah periode ketika tanaman aktif tumbuh.

Tanaman merasakan kenaikan suhu dan sinar matahari ekstra dan mulai secara aktif mencari nutrisi untuk membantu meningkatkan pertumbuhan mereka. Jika tidak ada pasokan yang cukup dari nutrisi penting yang mereka butuhkan, pertumbuhan tanaman akan terhambat secara signifikan, terang Mayo.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman Tomat Pakai Kulit Pisang

Nitrogen adalah salah satu bahan utama yang dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh subur selama musim kemarau, dan ada banyak nitrogen yang dikemas ke dalam kulit kacang yang keras.

Mayo menjelaskan bahwa semua jenis kacang bisa digunakan, asalkan polos, tanpa garam atau perasa yang bisa mengeringkan tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com