Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Waktu Terbaik untuk Memberi Pupuk Tanaman?

Kompas.com - 28/06/2023, 16:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemupukan adalah salah satu aspek penting dalam perawatan tanaman. Akan tetapi, waktu pemberian pupuk yang salah bisa berdampak buruk pada kondisi dan pertumbuhan tanaman.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk memberi pupuk tanaman? Dikutip dari House Digest, Rabu (28/6/2023), berikut penjelasannya.

Waktu optimal untuk memupuk tanaman adalah pagi hari, sebelum jam 8 pagi, atau sore hari. Alasannya adalah sinar matahari.

Baca juga: Mudah, Cara Menggunakan Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman

Ilustrasi pupuk granular untuk tanaman. SHUTTERSTOCK/ANDRIS TKACENKO Ilustrasi pupuk granular untuk tanaman.

Ini memberi tanaman peluang terbaik untuk menyerap pupuk karena kondisi tanah  relatif dingin. Selain itu, waktu tersebut memberi pupuk kesempatan untuk mencapai akar dan benar-benar terserap lebih cepat karena tanaman tidak stres akibat kondisi tengah hari.

Jika tidak, tanaman tidak akan efisien dengan nutrisinya, mempertaruhkan potensi pertumbuhan dan perlindungannya.

Ketersediaan unsur hara dan pemupukan

Pupuk pada dasarnya memastikan bahwa tanaman dipelihara dengan baik sehingga mereka memiliki semua yang mereka butuhkan untuk tumbuh, menciptakan suplementasi nutrisi yang seimbang.

Pupuk juga membantu tanaman mengembangkan sistem akar yang kokoh sekaligus melindungi dari hal-hal seperti penyakit dan serangga.

Baca juga: Manakah Unsur Pupuk yang Paling Baik untuk Pertumbuhan Tanaman?

Pengaturan waktu pemupukan dengan tepat memastikan bahwa nutrisi tersedia untuk tanaman saat mereka sangat membutuhkannya.

Nutrisi yang berbeda memiliki tingkat serapan yang berbeda oleh tanaman, dan permintaannya berubah sepanjang musim tanam.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com