Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rambut Bisa Jadi Pupuk Alami untuk Tanaman, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 25/04/2023, 19:12 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika menyisir rambut atau melepas ikat rambut, seringkali kita melihat ada beberapa helai rambut yang rontok. Namun, jangan langsung membuang helaian rambut rontok tersebut, karena bisa dijadikan pupuk tanaman.

Dikutip dari House Digest, Selasa (25/4/2023), lain kali Anda membersihkan saluran pembuangan kamar mandi atau membersihkan gumpalan dari sisir, simpan beberapa helai rambut untuk tanaman dan kebun.

Menambahkan rambut ke media tanam atau tumpukan kompos dapat memberi tanaman dorongan nutrisi yang besar, membantu tanah tetap kenyal dan terhidrasi, dan memberi panen yang memuaskan.

Baca juga: Simak, 6 Cara Menggunakan Kulit Pisang untuk Pupuk Tanaman

Ilustrasi rambut. Unsplash Ilustrasi rambut.

Karena mengandung nitrogen tingkat tinggi dan zat gizi mikro lainnya, rambut pada dasarnya dapat digunakan sebagai pupuk alami untuk tanaman.

Rata-rata, satu orang akan kehilangan hingga 100 helai rambut setiap hari, menurut Healthline. Sebagian besar dari rambut ini tidak diperhatikan, tertiup angin, masuk ke saluran air, atau menumpuk di sisir.

Akan tetapi, dengan menyimpan rambut untuk digunakan di taman, Anda dapat menuai beberapa manfaat yang mengejutkan. Rambut memiliki kegunaan yang lebih serbaguna daripada pupuk komersial saja.

Manfaat rambut untuk tanaman

Anda dan keluarga dapat menyumbangkan rambut ke taman, bahkan bulu hewan peliharaan juga dapat digunakan. Rambut kepala, bulu kaki, bulu kucing, bulu anjing, dan banyak lagi dapat diberikan ke tanaman.

Baca juga: Simak, Manfaat Menggunakan Pupuk Organik untuk Tanaman Sayuran

Tidak masalah jenis rambut apa yang Anda gunakan. Semua rambut baik untuk tanaman dan dapat membantu menyuburkan tanah karena mengandung magnesium tingkat tinggi dan zat gizi mikro lainnya.

Tanaman membutuhkan magnesium untuk membangun molekul klorofil, yang menghasilkan energi dan memberikan warna hijau yang sehat pada daun. Selain magnesium, rambut juga terdiri dari karbon, nitrogen, oksigen, hidrogen, dan belerang.

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com