Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/11/2023, 20:14 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.comKulkas adalah perlengkapan rumah tangga yang penting untuk dimiliki. Alat elektronik ini berfungsi untuk menyimpan bahan makanan dan minuman agar tetap segar dan tahan lama.

Namun, seiring bertambahnya masa pakai, seringkali kulkas mengalami beberapa masalah. Salah satu kerusakan yang sering terjadi pada kulkas yaitu kebocoran.

Tak hanya mempengaruhi fungsinya, kulkas bocor juga bisa merusak lantai dan memicu pertumbuhan jamur. Kebocoran pada kulkas disebabkan oleh banyak hal.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Senin (13/11/2023), berikut ini beberapa penyebab kulkas bocor dan cara mengatasinya yang perlu diketahui.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap dari Kulkas

Selang pembuangan es mencair tersumbat

Apabila lemari es mengeluarkan air, maka salah satu penyebabnya yaitu selang pembuangan tersumbat. Selang ini berada di bawah kompartemen freezer, di bawah laci produk, atau di belakang lemari es.

Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.SHUTTERSTOCK/MAKESTORY STUDIO Ilustrasi kulkas, menyimpan makanan di kulkas.

Sumbatan tersebut bisa disebabkan oleh makanan atau kotoran lain yang masuk ke selang. Jika hal ini terjadi, maka kondensasi tidak akan mengalir lewat saluran pembuangan.

Akibatnya, air akan kembali ke atas dan mengalir ke lantai. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memaksa air melalui lubang pembuangan menggunakan kain untuk menghilangkan kotoran.

Kamu juga bisa menggunakan pembersih pipa untuk menghilangkan sumbatan. Lalu, bersihkan selang pembuangan dan katup pembuangan yang terpasang dengan sabun dan air.

Baca juga: Cara Mengatasi Kulkas yang Bau, Bisa Pakai Kopi

Panci pembuangan retak

Penyebab kulkas bocor lainnya yaitu ada keretakan pada panci yang ada di bawah lemari es. Panci ini berfungsi untuk mengumpulkan kondensasi yang menetes dari sirip evaporator.

Biasanya, air pada bak pembuangan akan menguap, sehingga tidak perlu dikosongkan. Namun, jika saluran pembuangannya retak atau pecah, maka air akan merembes ke lantai dapur.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mengganti panci pembuangan dengan yang baru. Sebab, harga pani ini relatif murah.

Saluran air bocor

Tidak semua lemari es mempunyai saluran air. Jika kulkas yang kamu miliki tidak mempunyai air atau pembuat es internal, maka saluran air yang bocor bukan masalah.

Baca juga: Cara Menjaga Makanan di Kulkas Tetap Segar Saat Listrik Mati

Namun, bagi kamu yang mempunyai kulkas dengan saluran air, kebocoran menjadi sebuah masalah. Saluran air yang bocor bisa disebabkan oleh retak atau sambungan katup kendor.

Cek saluran air dan katup masuk di belakang lemari es. Jika katup bocor, coba kencangkan sambungannya.

Jika cara ini tidak berhasil, maka kamu perlu mengganti katupnya. Saluran air yang mengalir ke kulkas bisa terjepit atau retak, sehingga menyebabkan air merembes ke lantai.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com