Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Melakukan Decluttering

Kompas.com - 13/11/2023, 17:55 WIB
Anggita Budi Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Living Etc

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang bersih dan rapi dapat memberikan banyak manfaat bagi penghuni atau pemilik, seperti memberi rasa nyaman dan betah tinggal di hunian. 

Selain itu, rumah yang bersih dan rapi dapat meningkatkan produktivitas penghuninya. Untuk memperoleh hal tersebut, ada beberapa kebiasaan sederhana yang harus dilakukan, seperti decluttering atau menyingkirkan barang-barang yang sudah tidak lagi terpakai.

Nah, dilansir dari Living Etc, Senin (13/11/2023), berikut lima hal yang harus dipertimbangkan saat melakukan decluttering

Baca juga: 5 Cara Jitu Menciptakan Kamar Tidur yang Bersih dan Rapi

Penerimaan decluttering

Ilustrasi decluttering, merapikan barang di rumah. SHUTTERSTOCK/SEVENTYFOUR Ilustrasi decluttering, merapikan barang di rumah.
Penerimaan adalah kunci memulai proses decluttering. Jika Anda tidak pernah menerima bahwa memiliki terlalu banyak barang, ini akan sulit mulai menguranginya.

Proses penerimaan ini dapat menjadi tantangan, terutama jika memiliki banyak kenangan atau emosi yang melekat pada barang-barang tersebut.

Namun, penting diingat, barang-barang tersebut dapat memenuhi rumah. Jika dibiarkan, akan membuat rumah menjadi berantakan.

Pikirkan frekuensi penggunaan

Selanjutnya, hal yang harus dipertimbangkan saat melakukan decluttering adalah frekuensi penggunaan barang tersebut.

Jika tidak menggunakan barang tersebut,  tidak perlu menyimpannya. Barang-barang yang tidak digunakan hanya akan memenuhi ruang dan membuat Anda merasa kewalahan. 

Baca juga: 6 Cara Menjaga Handuk Tetap Bersih dan Bebas Bau Apak

Kurasi barang-barang

Setelah menyingkirkan barang-barang yang tidak lagi digunakan, Anda perlu meluangkan waktu mengatur barang-barang yang tersisa.

Hal ini menjadi kesempatan Anda untuk menciptakan ruang yang rapi, nyaman, dan indah. Penting juga mempertimbangkan bagaimana segi fungsionalitas di rumah dan kemudahan penggunaan.

Komitmen yang kuat

Ilustrasi ruang keluarga.Shutterstock/Dariusz Jarzabek Ilustrasi ruang keluarga.
Memiliki komitmen kuat dapat menjadi cara membuat rumah bersih dan rapi tanpa ribet. Sangatlah penting mempertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkan barang-barang yang ada di rumah.

Jika tidak yakin, Anda dapat menyimpannya selama beberapa minggu atau bulan untuk melihat apakah Anda menggunakannya. Apabila tidak lagi menggunakannya, Anda dapat menyingkirkannya. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Noda Kuning dari Bantal, Kembali Bersih dan Baru

Pertimbangkan ruang negatif

Terakhir, hal yang harus dipertimbangkan saat melakukan decluttering adalah mempertimbangkan ruang negatif, yakni ruang kosong yang dibiarkan kosong di antara atau di sekitar objek atau elemen visual lainnya.

Ruang negatif dapat digunakan untuk menciptakan tampilan lebih rapi, teratur, dan seimbang. Saat mengatur barang-barang, penting mempertimbangkan ruang negatif tersebut.

Pastikan terdapat ruang kosong yang cukup sehingga mata dapat beristirahat dan rumah menjadi lebih tertata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com