Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Mengurangi Debu di Dalam Rumah, Bikin Sehat dan Bersih

Kompas.com - 05/09/2023, 22:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Partikel debu dapat menemukan jalan masuk ke dalam rumah yang paling bersih sekali pun. 

Tentu saja, keberadaan debu di rumah tak hanya membuat kotor, tetapi juga mengganggu kenyamanan serta berdampak buruk pada kesehatan, seperti asma, gangguan pernapasan, mengi, alergi, sinus, dan flu.  

Baca juga: Cara Mencuci Sapu dengan Benar agar Tak Menyebarkan Debu dan Kotoran

Demi menjaga kesehatan Anda dan keluarga serta rumah yang bersih, penting membersihkan rumah secara rutin untuk mengurangi keberadaan debu, bahkan menghilangkannya. 

Dikutip dari Love to Know, Selasa (5/9/2023), berikut sejumlah cara mengurangi debu di dalam rumah.

Ganti filter ventilasi udara secara teratur

Ilustrasi AC sedang diperbaiki atau mendapat perawatan.Shutterstock/BaLL LunLa Ilustrasi AC sedang diperbaiki atau mendapat perawatan.
Ventilasi udara dan filter HVAC memainkan peran besar dalam menjaga debu di rumah. Namun, ketika sudah dipenuhi debu dan alergen, filter ini tidak lagi bekerja efisien.

Maka itu, perlu mengganti filter setidaknya setiap tiga bulan sekali agar udara dan permukaan rumah tidak terlalu berdebu. 

Baca juga: Cara Membersihkan Filter AC agar Tidak Jadi Sarang Debu

Bersihkan bilah kipas angin plafon 

Jika baling-baling kipas angin plafon memiliki lapisan debu yang tebal, ini akan membuat debu terjatuh atau menyebar ke ruangan setiap kali Anda menyalakannya.

Gunakan sarung bantal bekas untuk memerangkap debu dan tarik dengan lembut dari setiap baling-balingnya tanpa membuatnya beterbangan di sekitar ruangan.

Lakukan hal ini setiap beberapa bulan sekali untuk mencegah penumpukan debu dan menjadi cara mengurangi debiu di dalam rumah. 

Vacuum cleaner lantai secara rutin 

Debu mengendap di lantai, kemudian menyebar saat kita bergerak. Jaga partikel-partikel debu tersebut seminimal mungkin dengan menyedot lantai sesering mungkin.

Satu putaran cepat vacuum cleaner setiap hari di sekitar bagian rumah yang paling sering digunakan akan sangat membantu, tapi beberapa kali seminggu juga bisa dilakukan jika Anda tidak punya banyak waktu.

Sesi penyedotan debu ini tidak harus menyeluruh. Sesi ini sangat bagus untuk membuat pembersihan mendalam sedikit lebih ringan. 

Baca juga: 7 Kesalahan Membersihkan Debu yang Harus Dihindari

Biarkan karpet mendapatkan udara segar

Ilustrasi membersihkan karpet dengan vacuum cleaner. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOV Ilustrasi membersihkan karpet dengan vacuum cleaner.
Karpet mudah sekali memerangkap debu, jadi penting mengangin-anginkannya secara teratur.

Bawa karpet ke luar ruangan setiap beberapa bulan sekali, tepuk-tepuk karpet dengan baik dan kibaskan debu-debu tersebut. Pastikan menyedot debu setelah membawa karpet ke dalam rumah. 

Lepaskan sepatu saat sampai di rumah

Sepatu membawa banyak debu dan kotoran yang dipijak selama di jalanan. Membuat aturan ketat "tidak boleh memakai sepatu di dalam rumah" bisa menjadi cara mengurangi debu di dalam rumah secara signifikan. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com