Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Bisa Menghilangkan Debu di Rumah

Kompas.com - 27/07/2023, 11:46 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias menambahkan sentuhan dekoratif pada rumah, tetapi manfaat tanaman hias lebih dari itu. Tanaman hias juga melepaskan oksigen ke udara dan membantu menyerap alergen seperti debu, serbuk sari, dan jamur.

Dikutip dari Express UK, Fiona Jenkins dari myjobquote.co.uk menjelaskan, ada beberapa tanaman hias yang disukai tidak hanya karena dedaunannya yang menarik tetapi juga kualitas pembersih udaranya. Ini menjadikannya tambahan yang bagus untuk setiap ruangan di rumah.

Berikut beberapa tanaman hias yang bisa menghilangkan debu di rumah.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Usir Energi Negatif di Rumah Menurut Feng Shui

Ilustrasi tanaman karet atau rubber plant (Ficus elastica).SHUTTERSTOCK/F2.8 Ilustrasi tanaman karet atau rubber plant (Ficus elastica).

1. Tanaman karet atau rubber plant

Tanaman karet sangat efektif dalam menghilangkan polutan di udara karena daunnya yang besar dan berlilin sempurna untuk menjebak partikel debu, tutur Jenkins.

Dia mengklaim bahwa Anda dapat membuat tanaman ini lebih baik dalam mengumpulkan partikel debu dengan menyemprotkan air ke daun sekali setiap hari.

Tanaman ini juga meningkatkan tingkat kelembapan. Kelembapan yang rendah atau udara kering di tempat tinggal Anda dapat menyebabkan lebih banyak debu di permukaan dan di udara.

2. Tanaman ZZ atau ZZ plant

Tanaman ini sangat mudah dirawat dan juga sangat bagus dalam membantu memastikan udara di rumah murni dan bersih karena dapat menyerap banyak polutan udara yang berbahaya, jelas Jenkins.

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tahan Kelembapan, Aglonema hingga Anggrek

Tanaman ini memiliki daun kecil, berkilau, dan berlilin. Dedaunan ini sangat bagus untuk menghilangkan dan mengumpulkan debu dan partikel di udara, imbuh dia.

Seperti halnya tanaman karet, daun tanaman ZZ harus disemprot air setiap hari untuk menjamin keefektifannya dalam menghilangkan debu.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com