Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Pupuk Alami untuk Tanaman Hias Indoor yang Ditanam di Air

Kompas.com - 11/07/2023, 15:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam tanaman hias di air sangat mudah dilakukan, tetapi Anda harus sering memberi pupuk. Untuk memberi pupuk tanaman hias di air, Anda bisa menggunakan pupuk alami yang dibuat sendiri.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Selasa (11/7/2023), saat tanaman hias tumbuh di tanah, akarnya dapat meluas ke area yang lebih luas dan menarik semua nutrisi yang diperlukan dari media tanam.

Namun, ketika tanaman hias tumbuh dalam air yang dapat diganti setiap tiga sampai lima hari, akar tidak dapat menemukan elemen tanaman yang penting untuk tumbuh kecuali Anda menambahkan sesuatu ke dalam air.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik untuk Memberi Pupuk Tanaman?

Ilustrasi tanaman hias sirih gading, menanam sirih gading di air. SHUTTERSTOCK/PONG WIRA Ilustrasi tanaman hias sirih gading, menanam sirih gading di air.

Anda dapat mulai memberi pupuk tanaman hias yang ditanam di air dengan pupuk cair setelah membentuk akar yang terlihat. Pemupukan sekali setiap 10 sampai 14 hari atau setelah setiap tiga atau empat kali saat Anda mengganti air.

Anda dapat mengetahui seberapa sering setelah bereksperimen dan menanam tanaman hias di dalam air selama beberapa waktu.

Cara memberi pupuk tanaman hias yang ditanam di air

Encerkan salah satu pupuk buatan sendiri ini di air tawar yang akan Anda isi di vas atau toples tanaman saat mengganti air lama.

Jumlahnya harus sedikit, yakni hanya sejumput atau dua dari itu akan baik-baik saja.

Baca juga: Mudah, Cara Menggunakan Cangkang Telur sebagai Pupuk Tanaman

Berikut beberapa pupuk alami untuk tanaman hias yang ditanam di air dan cara menggunakannya.

1. Cangkang telur

Halaman Berikutnya
Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com