Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Manfaat Menggunakan Pupuk Organik untuk Tanaman Sayuran

Kompas.com - 27/03/2023, 20:01 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam budidaya tanaman, termasuk tanaman sayuran, salah satu aspek penting yang perlu dilakukan adalah pemupukan atau pemberian pupuk. Tanaman membutuhkan nutrisi dari pupuk untuk dapat tumbuh dan berproduksi dengan baik.

Salah satu jenis pupuk yang dapat digunakan untuk tanaman sayuran adalah pupuk organik atau pupuk alami.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (27/3/2023), manfaat pupuk organik adalah untuk meningkatkan kandungan unsur hara yang dibutuhkan tanaman dan meningkatkan produktivitas tanaman.

Baca juga: 10 Pupuk Alami Buatan Sendiri untuk Menyuburkan Tanaman Sirih Gading

Ilustrasi pemberian pupuk organik untuk tanaman.SHUTTERSTOCK/FOOTMADE0525 Ilustrasi pemberian pupuk organik untuk tanaman.

Selain itu, pupuk organik juga bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun juga untuk menggemburkan dan menyuburkan tanah.

Kelebihan pupuk organik dibandingkan pupuk kimia adalah karena bahannya yang berasal dari limbah tumbuhan, hewan maupun produk sampingan lainnya. Bahan organik umumnya memiliki C/N ratio tinggi, yakni lebih dari 30.

Bila diaplikasikan langsung pada tanaman dapt mengganggu pertumbuhan tanaman karena terjadi proses fermentasi dalam tanah.

Berikut beberapa manfaat pupuk organik untuk tanaman sayuran.

Baca juga: 6 Tanda Tanaman Kelebihan Pupuk, Daun Layu hingga Penumpukan Garam

Pertama, pupuk organik mengandung unsur mikro yang lengkap dibandingkan pupuk kimia. Selain itu, pupuk organik dapat memberikan kehidupan mikroorganisme tanah banyak memberikan keuntungan bagi petani.

Pupuk organik juga mampu berperan sebagai mobilisator atau jembatan hara yang sudah ada dalam tanah untuk membentuk partikel ion yang mudah diserap tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com