Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman Hias yang Usir Energi Negatif di Rumah Menurut Feng Shui

Kompas.com - Diperbarui 25/07/2023, 11:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak ribuan tahun yang lalu, filosofi feng shui telah menekankan pentingnya chi atau energi positif di rumah. Feng shui pun menggunakan tanaman untuk menyeimbangkan aliran energi di dalam rumah.

Tanaman hias pun diyakini menghasilkan energi yang lebih baik, dan sains mendukung keyakinan ini.

Paparan yang lebih tinggi terhadap kehijauan (tanaman) secara konsisten dikaitkan dengan tingkat depresi, kecemasan, dan stres yang lebih rendah, menurut tim peneliti Harvard School of Public Health seperti dikutip dari Hunker. 

Baca juga: 5 Tanaman Hias yang Tahan Kelembapan, Aglonema hingga Anggrek

Ilustrasi bunga anggrek, tanaman bunga anggrek. PIXABAY/ANNCA Ilustrasi bunga anggrek, tanaman bunga anggrek.

Studi ini menemukan bahwa responden dengan paling banyak tanaman di dalam dan di sekitar ruang hidup mereka memiliki tingkat kematian yang jauh lebih rendah daripada rekan mereka dengan lebih sedikit tanaman dalam hidup mereka.

Beberapa tanaman hias diyakini mampu mengusir energi negatif di rumah dan menghasilkan harmoni yang positif, antara lain sebagai berikut.

1. Anggrek

Anggrek adalah salah satu dari empat tanaman mulia dalam budaya Tionghoa dan terkenal di feng shui untuk membawa keharmonisan ke rumah yang tidak harmonis. Anggrek bekerja dengan mengisi ruang dengan energi yang tenang dan jernih.

Bunga anggrek yang menakjubkan dapat mekar dalam waktu yang lama dan dengan perawatan yang tepat, mekar kembali berkali-kali sebagai tanaman hias jangka panjang.

Baca juga: Tips Meningkatkan Energi Positif dalam Rumah dengan Akuarium Feng Shui

Pilih anggrek Phalaenopsis sebagai anggrek perawatan yang mudah berbunga selama berbulan-bulan dan tumbuh subur jika diabaikan.

Halaman:
Sumber Hunker


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com