Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/07/2023, 21:40 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tinggal di rumah kecil, seperti apartemen, sering kali memberi tantangan lantaran keterbatasan ruang yang dimilikinya.

Hal ini akibatnya membuat sulit mendekorasi dan menyalurkan hobi, seperti merawat tanaman hias. Banyak orang berpikir merawat tanaman hias di rumah kecil sangat sulit, seperti tempat meletakkan tanaman. 

Baca juga: 7 Ide Mendekorasi Ruang Tamu dengan Tanaman

Namun, terbatasnya lahan ini jangan membuat Anda mengurungkan niat merawat dan memiliki koleksi tanaman hias. Pasalnya, hal ini memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan penghuni serta rumah.

Menurut ahli ekologi tanaman dan ahli botani, Tanisha M. Williams, ada banyak manfaat memiliki tanaman di rumah dan ada banyak pilihan tanaman dengan perawatan rendah yang cocok untuk ruangan paling kecil sekalipun. 

"Tanaman membawa sedikit nuansa alam ke dalam rumah. Anda bisa memulai dari yang kecil dan mengembangkan koleksi seiring berjalannya waktu," kata Williams. 

Tanaman mengingatkan kita terhubung dengan alam dan menjadi bagian dari lingkungan di sekitar. Selain itu, meningkatkan kadar oksigen, suasana hati, dan menambahkan sedikit warna pada dekorasi rumah. 

Dilansir dari Cosmopolitan, Minggu (16/7/2023), berikut sejumlah tanaman hias yang cocok di rumah kecil.  

Baca juga: 5 Tips Merawat Tanaman Gantung Dalam Ruangan

String of pearls

Ilustrasi tanaman hias string of pearls.Shutterstock/DimaBerlin Ilustrasi tanaman hias string of pearls.
Tanaman hias ini mudah dirawat, memiliki tampilan menarik, dan berukuran kecil, tapi tumbuh menjalar atau ke bawah sehingga bisa menggantungan string of pearls untuk menghemat ruang lantai. 

Letakkan satu di pot gantung di dekat jendela, jaga agar tetap lembap, dan Anda akan mendapatkan buket yang melimpah. 

Violet Afrika

Selanjutnya, tanaman hias yang cocok di rumah kecil adalah Violet Afrika. Tanaman berwarna merah muda dan ungu ini sering diasosiasikan dengan bangsawan.

Bunga-bunga yang semarak mekar dalam kelompok yang terdiri atas lima bunga, dan daunnya yang hijau tebal sebenarnya lembut dan halus.

Cukup siram bagian bawah saat tanahnya kering dan berikan sedikit sinar matahari tidak langsung dan Anda akan tetap mekar. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Dalam Ruangan yang Bisa Ditanam di Air

Kemangi, mint, dan ketumbar

Ilustrasi tanaman kemangi.Shutterstock/pilipphoto Ilustrasi tanaman kemangi.
Tanaman herbal, seperti kemangi, mint, dan ketumbar berukuran kecil sehingga menjadi tanaman hias yang cocok di rumah kecil. 

Tanaman herbal juga dapat dimanfaatkan untuk sayuran dan bumbu masakan. 

Kalanchoe

Kalanchoe merupakan sukulen dan disukai pencinta tanaman karena tumbuh lambat dan stabil sepanjang tahun. Dibutuhkan waktu dua hingga lima tahun untuk mencapai ukuran dewasa, jadi tidak perlu khawatir merepotkan diri.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com