Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2023, 13:09 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Express

JAKARTA, KOMPAS.com - Kopi adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Akan tetapi, sering kali ampas kopi langsung dibuang ke tempat sampah, padahal memiliki banyak manfaat untuk tanaman.

Dikutip dari Express UK, Selasa (11/7/2023), seperti kebanyakan sampah dapur organik, ampas kopi sangat bagus untuk didaur ulang di kebun untuk memberi manfaat bagi tanah dan tanaman. Anda bisa menggunakan ampas kopi untuk pupuk, mulsa, dan kompos tanaman.

Ampas kopi untuk tanaman memiliki khasiat yang lebih berharga daripada yang mungkin Anda pikirkan. Kopi mengandung banyak mikronutrien dan dapat digunakan sebagai pupuk organik untuk tanaman.

Baca juga: 6 Tanaman Bunga yang Dapat Ditanam di Kebun Sayur

 

Ilustrasi ampas kopi. FREEPIK/FREEPIK Ilustrasi ampas kopi.

Namun, Anda tidak bisa begitu saja menuangkan ampas kopi ke dalam tanah. Anda perlu diketahui cara menggunakan ampas kopi untuk tanaman secara efektif.

Melvin Cubian, ahli berkebun di PlantIn mengatakan mengapa ampas kopi baik untuk tanaman dan bagaimana ampas kopi dapat digunakan di kebun.

Ampas kopi kaya akan mineral seperti magnesium, kalsium, fosfor, nitrogen, dan potasium. Fosfor dan potasium meningkatkan panen, dan nitrogen terlibat dalam fotosintesis, yang membantu tanaman tumbuh lebih cepat.

Ampas kopi sangat baik untuk tanaman hias dan kebun, jelas Cubian.

Baca juga: Cara Menanam Tanaman Sage di Pot di Dalam Ruangan

Cara menggunakan ampas kopi untuk pupuk alami

Jika tanaman membutuhkan pupuk nitrogen, maka gunakan ampas kopi. Ampas kopi sangat berharga sebagai pupuk untuk tanaman yang mengandung nitrogen dan unsur lainnya, terang Cubian.

Dalam kandungan nitrogennya, ampas kopi sama dengan potongan rumput.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com