Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tanaman yang Tidak Boleh Diletakkan di Kamar Mandi, Ada Janda Bolong

Kompas.com - 10/07/2023, 14:30 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar mandi bisa menjadi tempat yang ideal untuk tanaman hias karena memiliki lingkungan yang lembap. Akan tetapi, banyak orang membuat kesalahan dengan memilih tanaman yang tidak dapat bertahan hidup di lingkungan lembap seperti di kamar mandi.

Dilansir Homes & Gardens, Senin (10/7/2023), tanaman hias menjadi semakin populer dengan peningkatan minat sebesar 79 persen pada tahun 2020 dibandingkan waktu yang sama tahun sebelumnya, menurut tren Google.

Saat memilih tanaman di kamar mandi, carilah jenis yang tahan naungan atau cahaya redup atau sedang, kelembapan tinggi, dan suhu hangat, saran Kiera Kay, pakar tanaman di Bloom and Wild.

Baca juga: 5 Tanaman Hias Pot Terbaik untuk Area Teras Rumah

Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi tanaman hias di kamar mandi.

Berhati-hatilah untuk menjaga tanah di sisi yang sedikit lebih kering untuk melawan lingkungan yang lembap dan hindari penyiraman yang berlebihan, ujar Kay.

Jauhi tanaman sukulen, tanaman berbuah, tanaman giok, dan kembang sepatu dan Hibiscus karena tanaman seperti ini tidak tumbuh subur di lingkungan kamar mandi yang biasanya lebih hangat dan kurang sinar matahari, ungkap dia.

Menurut para ahli di HeyPlants, fluktuasi suhu dan kelembapan berarti kamar mandi bisa menjadi zona terlarang bagi tanaman tertentu.

Pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri sendiri adalah, 'dari daerah mana tanaman ini berasal?'. Jika tidak berasal dari daerah tropis, tanaman mungkin tidak dapat bertahan hidup dengan baik dalam kondisi lembap.

Baca juga: Seberapa Sering Harus Menyiram Tanaman Hias di Pot Gantung?

Berikut ini beberapa tanaman hias yang tidak boleh diletakkan di kamar mandi.

1. Strelitzia nikolai

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com