Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/06/2023, 15:03 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias indoor alias tanaman hias di dalam ruangan tidak hanya bisa ditanam di pot. Beberapa tanaman hias pun bisa ditanam di air dan diletakkan di dalam ruangan.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Minggu (18/6/2023), menanam tanaman hias di air mungkin tampak seperti tugas yang mudah, tetapi ada kesalahan tidak terelakkan yang dapat Anda lakukan saat melakukannya.

Berikut beberapa kesalahan menanam tanaman hias di air yang harus dihindari.

Baca juga: 7 Tips Mendekorasi Ruangan dengan Tanaman Hias

Ilustrasi tanaman hias sirih gading, menanam sirih gading di air. SHUTTERSTOCK/PONG WIRA Ilustrasi tanaman hias sirih gading, menanam sirih gading di air.

1. Meletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung

Saat menanam tanaman hias di dalam air di dalam ruangan, penting untuk menempatkannya di tempat dengan cahaya tidak langsung yang terang. Hindari meletakkan tanaman di tempat yang sangat gelap atau di bawah sinar matahari langsung.

2. Menggunakan air ledeng

Hindari menggunakan air ledeng jika mengandung klorin, ini dapat membakar dan merusak akar tanaman, menghilangkannya dari penyerapan nutrisi dan kelembapan dengan baik.

Air ledeng juga keras dan tinggi kalsium dengan garam magnesium karbonat. Ini menghasilkan noda dan bekas pada vas.

Penumpukannya juga dapat menyebabkan pembentukan alga yang pada akhirnya dapat membuat tanaman mati. Selalu gunakan air yang disaring untuk pertumbuhan terbaik.

Baca juga: 5 Cara Meletakkan Tanaman Hias di Ruang Kerja

3. Tidak menggunakan air akuarium

Anda juga dapat menggunakan air akuarium jika Anda memilikinya. Karena mengakumulasi fosfor, amonia, nitrogen, potasium, dan mikroorganisme bermanfaat, menggunakannya untuk tanaman di dalam air akan meningkatkan pertumbuhannya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com